Sukses


7 Bahaya Telinga Berdenging, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang pasti pernah mengalami telinga berdenging secara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi tak kenal waktu dan berlangsung beberapa detik hingga menit.

BACA JUGA: Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga, Simak Tipsnya

Tak sedikit pula saat telinga berdenging dibarengi dengan rasa sakit yang menusuk.

Menurut kepercayaan sebagian orang, telinga berdenging dikaitkan dengan Anda sedang dibicarakan orang lain. Padahal, kondisi tersebut bisa menandakan penyakit tertentu.

Jika telinga Anda sering berdenging dan tak kunjung sembuh dalam hitungan jam atau hari, hal itu bisa disebut terkena tinnitus. Untuk itulah, Anda harus waspada saat telinga berdenging terlalu lama.

Tak bisa dimungkiri, menjaga kesehatan dan kebersihan organ pendengaran atau telinga sering terabaikan. Padahal, dengan menjaga kebersihan telinga, gangguan pendengaran akan bisa diatasi atau dicegah.

Berikut Bola.com merangkum tujuh bahaya yang bisa terjadi saat telinga berdenging terlalu lama, disadur dari Klikdokter, Selasa (29/9/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyakit yang Berkaitan dengan Telinga Berdenging

1. Penyakit meniere

Kondisi ini merupakan kelainan pada telinga dalam karena adanya tekanan pada cairan atau komposisi telinga dalam yang tidak normal sehingga dapat menjadi penyebab telinga berdenging.

2. Trauma pada kepala atau telinga

Kondisi ini dapat memengaruhi saraf atau fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran. Umumnya, penyebab telinga berdenging adalah trauma pada salah satu telinga.

3. Tumor jinak

Adanya tumor jinak pada saraf otak dapat memengaruhi keseimbangan dan pendengaran sehingga menyebabkan telinga berdenging pada satu di antara telinga.

4. Kelainan pembuluh darah

Telinga berdenging karena kelainan pembuluh darah ini bersifat pulsatil atau berdenyut. Menurutnya, telinga berdenging (tinnitus) yang terjadi karena hal ini adalah jenis tinnitus objektif. 

3 dari 4 halaman

Penyakit yang Berkaitan dengan Telinga Berdenging

5. Stres dan depresi

Ketika tes pendengaran menunjukkan hasil normal dan penyebab lain dari tinnitus tidak teridentifikasi, biasanya telinga berdenging disebabkan oleh adanya stres atau depresi.

6. Gangguan pada rahang

Dilansir dari WebMD, masalah pada rahang atau sendi temporomandibular (TMJ) dapat menyebabkan telinga berdenging. Kondisi ini akan disertai gejala nyeri pada persendian saat mengunyah dan berbicara. Jika hal ini terjadi, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

Untuk sementara waktu, Anda juga disarankan untuk menghindari suara keras serta pencetus tinnitus atau telinga berdenging seperti kopi, teh, rokok, dan garam, serta melakukan olahraga rutin untuk memperlancar sirkulasi darah.

7. Pertumbuhan tulang yang tidak normal

Gangguan yang disebut otosklerosis dapat menyebabkan tulang di telinga tengah tumbuh tidak normal. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan telinga berdenging dan kerap terjadi pada usia 30-an.

Bila dalam keluarga terdapat riwayat otosklerosis, Anda perlu lebih waspada karena kemungkinan untuk mengalaminya lebih tinggi. Hal ini seperti dijelaskan pada situs berita kesehatan Best Health.

4 dari 4 halaman

Mencegah Telinga Berdenging

  • Gunakan dan pakailah pelindung telinga saat beraktivitas di dekat sumber suara yang sangat nyaring, seperti di konser musik, di ruangan bermesin, serta ketika di dalam pesawat terbang.
  • Jika gemar memakai earphone atau headset untuk mendengarkan musik, usahakan untuk melepasnya dan mengistirahatkan telinga setiap satu jam. Atur volume hingga sekitar 60 persen saja, tidak terlalu keras. 
  • Segera periksakan diri ke dokter THT, terutama jika telinga berdenging terus menerus dan terasa sangat mengganggu. Dokter THT akan melakukan pemeriksaan dan melakukan tes uji berupa CT-scan atau MRI juga untuk mendeteksi adanya kerusakan di dalam telinga.
  • Cobalah untuk memutar musik ringan atau menyalakan radio. Selain itu, supaya telinga berdenging tidak memicu stres, sempatkan diri untuk melakukan relaksasi dengan yoga atau meditasi.

 

Sumber: Klikdokter

 

Yuk, cari tahu artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer