Sukses


8 Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Labu kuning termasuk buah yang mudah didapat. Di Indonesia, labu kuning umumnya diolah menjadi isian kolak dan bahan keik.

Selain baik untuk dikonsumsi, labu kuning ternyata menyimpan segudang manfaat. Mengonsumsi labu kuning dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan saluran kemih, mengatasi insomnia, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Selain memiliki banyak manfaat besar untuk kesehatan tubuh, buah yang menjadi ikon ketika perayaan Halloween juga diketahui memiliki sejumlah khasiat penting untuk kecantikan yang jarang diketahui.

Labu kuning kaya kandungan vitamin, mineral, kalium, dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk menyehatkan rambut dan kulit.

Buah yang masuk kategori kategori Cucurbita ini bisa menjadi bahan alami masker wajah yang aman dan ekonomis.

Penasaran apa saja manfaat labu kuning untuk kecantikan?

Berikut rangkuman khasiat kecantikan yang bisa Anda dapatkan dari labu kuning, dikutip dari Stylecraze dan Charlierenee, Selasa (3/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan

1. Perawatan kulit berminyak

Manfaat pertama dari labu kuning untuk kecantikan adalah bisa menjadi solusi bagi Anda yang yang memiliki wajah berminyak.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mencampurkan satu sendok makan labu kuning yang telah dihaluskan dengan satu sendok teh cuka apel.

Lalu, oleskan pada area wajah Anda dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Perawatan kulit kering

Manfaat kedua dari labu kuning, yakni diyakini dapat mengatasi kulit kering. Anda cukup mencampurkan dua sendok teh labu kuning yang telah dihaluskan dengan 1/2 sendok teh madu, 1/4 sendok teh susu, dan 1/4 sendok teh krim kocok kental.

Aplikasikan pada wajah Anda hingga merata dan hindari area mata. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Mencegah penuaan dini

Labu kuning diyakini bisa menjadi bahan alami untuk mencegah penuaan dini. Manfaat ini didapatkan karena labu kuning mengandung vitamin C dan betakaroten yang berguna untuk membantu membalikkan kerusakan akibat sinar UV dan memperbaiki tekstur kulit.

Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga penggunaan labu kuning bisa meningkatkan warna dan elastisitas kulit Anda.

Tak hanya itu, kandungan yang ada di dalam labu kuning dapat melindungi kulit dari kerusakan radikal yang menyebabkan keriput dan bahkan kanker kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan

4. Mengatasi flek hitam

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit ini, jangan khawatir. Anda bisa memanfaatkan labu kuning sebagai solusinya.

Cukup mencampurkan satu sendok makan labu kuning yang telah dihaluskan, ditambah dengan satu sendok teh madu, 1 sendok teh air jeruk nipis, dan 1 sendok teh minyak vitamin E.

Aplikasikan dengan cara mengoles ramuan ini pada area wajah Anda dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Mengatasi jerawat

Memiliki masalah kulit seperti jerawat dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan labu kuning sebagai bahan pengobatan alami.

Labu kuning memiliki kandungan niasin, riboflavin, vitamin B6, dan folat. Kandungan ini dapat mengobati jerawat.

Labu kuning juga berperan dalam meningkatkan proses pergantian dan pembaruan sel.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Selain memiliki khasiat untuk kulit, labu kuning memiliki manfaat lain. Labu kuning merupakan sumber mineral kalium dan seng yang tinggi.

Kandungan ini berguna dalam perawatan kesehatan rambut. Kandungan seng bisa membantu menjaga kolagen dan memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Selain itu, kandungan lain seperti folat dan vitamin B6 berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan

7. Mencegah rambut rontok

Selain dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, labu kuning bisa menjadi bahan alami mencegah kerontokan pada rambut Anda.

Labu kuning memiliki kandungan vitamin A yang berperan penting untuk memperkuat batang rambut. Selain itu, kandungan asam amino yang ada di dalamnya juga menutrisi setiap helai rambut Anda dan mencegah terjadinya kerusakan.

8. Melawan infeksi kulit kepala

Labu kuning mengandung belerang yang membantu melawan kondisi kulit kepala, seperti psoriasis, ketombe, eksim, dan banyak lainnya. Dengan demikian, memungkinkan kulit kepala Anda berada dalam kondisi sehat.

 

Sumber: Stylecraze, Charlierenee

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer