Sukses


8 Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Penggunaan daun pandan dalam kehidupan sehari-hari bisa dibilang cukup sering dan banyak ditemukan. Umumnya, daun pandan digunakan sebagai penambah aroma ataupun perasa pada makanan dan minuman.

Tanaman ini berwarna hijau memiliki banyak kandungan nutrisi. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid.

Maka tak heran ada banyak manfaat daun pandan untuk kecantikan. Manfaat daun pandan untuk kecantikan masih belum banyak diketahui orang.

Daun pandan udah mulai banyak produk kecantikan sebagai bahan campuran, di antaranya body scrub, lotion, ice balm, masker, sampai serum wajah.

Bahkan ada pula multi-purpose aromatherapy dengan ekstrak pandan. Selain itu daun pandan dapat berguna untuk mengatasi masalah pada rambut.

Daun pandan bisa menjadi solusi perawatan kecantikan yang alami. Berikut beberapa manfaat menggunakan daun pandan untuk kecantikan yang jarang diketahui, dikutip dari Drhealthbenefits dan The-benefits, Sabtu (7/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

1. Menghilangkan komedo

Manfaat pertama daun pandan untuk kecantikan adalah bisa mengatasi masalah komedo yang membandel. Adanya komedo bisa mengganggu penampilan Anda.

Jika dibiarkan terus menerus komedo bisa mengalami infeksi yang mengakibatkan munculnya kemerahan pada kulit bahkan juga jerawat. Anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengolah daun pandan menjadi masker wajah. Cukup siapkan 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun.

Haluskan semua bahan dan campur hingga menjadi pasta kental. Terapkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Mencegah penuaan dini

Daun pandan diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini berperan menangkal radikal bebas sehingga akan mempercepat proses regenerasi sel-sel untuk menghambat terjadinya penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menghaluskan daun pandan lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker.

3. Menghilangkan flek hitam

Manfaat selanjutnya daun pandan untuk kesehatan bisa  mengatasi bercak hitam. Caranya yaitu dengan membuat masker campuran air perasan daun pandan dengan madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zaitun.

Lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan gunakan secara rutin tiga kali seminggu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

4. Detoksifikasi

Daun pandan yang dijadikan teh bisa digunakan untuk detoksifikasi. Daun pandan memiliki kemampuan untuk membersihkan liver dari racun.

Kulit bisa lebih sehat dan berseri.

5. Mengangkat kulit mati

Daun pandan cukup efektif untuk mengangkat kulit mati. Anda cukup menghaluskan daun pandan sebagai body scrub.

Setelah itu campur dengan madu atau minyak zaitun. Gunakan untuk menggosok kulit tubuh dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 3 menit.

Setelah itu bilas tubuh dengan air dingin.

6. Mengatasi Ketombe

Untuk mengatasi  ketombe dan kulit kepala gatal, Anda bisa menggunakan daun pandan. Daun pandan cukup efektif mengatasi masalah ini.

Anda cukup menghaluskan daun pandan  yang sudah dicuci, kemudian campur dengan air secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala.

Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan perawatan rambut dengan sari daun pandan secara teratur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

7. Mencegah Kerontokan

Manfaat selanjutnya daun pandan untuk kesehatan rambut adalah mencegah kerontokan. Anda hanya perlu menyiapkan 1 lembar daun pandan, 10 daun kembang sepatu, 10 bunga melati, dan 1 bunga mawar.

Lalu tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Rebus campuran sampai mendidih dan kemudian saring.

Oleskan ramuan ke rambut dan kulit kepala secara merata dan lakukan di malam hari sebelum tidur. Lakukan perawatan ini secara teratur, minimal 2-3 kali seminggu.

8. Mengeksfoliasi Kulit

Daun pandan memiliki manfaat untuk membantu meregenerasi kulit. Daun pandan memiliki sifat sebagai eksfoliator yang bisa mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah mau pun tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup cuci bersih daun pandan lalu cambur dengan madu dan minyak zaitun. Setelah itu, gosok pada kulit dengan gerakan melingkar dan diamkan selama 3 menit.

Setelah itu bersihkan kulit hingga bersih. Usahakan untuk rutin melakukan setiap seminggu 1 kali agar kulit tidak tipis.

 

Sumber: Drhealthbenefits, The-benefits

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer