Sukses


9 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Belakangan ini daun binahong makin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Anredera cordifolia.

Wujud daun binahong mirip daun sirih dan tumbuh subur di Indonesia. Selain di Indonesia, daun binahong bisa ditemukan di Korea Selatan, China, dan Madagaskar.

Daun binahong, biasa disebut gendola, dari dulu sampai sekarang dikenal sebagai tanaman yang menyimpan banyak manfaat baik.

Binahong sering dijadikan bahan utama untuk membuat obat-obatan herbal karena mengandung vitamin C, vitamin A, beta karoten, alkoloid, saponin dan lain sebagainya.

Selain untuk kesehatan, daun binahong bisa digunakan untuk kecantikan. Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup mudah dan praktis. Cukup rebus daun binahong dan minum ekstraknya.

Meski begitu, konsumsi daun binahong memilik efek samping. Beberapa efek samping yang akan timbul adalah denyut jantung tidak teratur, pusing, gelisah, insomnia dan sakit kepala. Daun binahong juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dokter.

Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan yang sayang jika dilewatkan, dikutip dari Gooddoctor dan Honestdocs, Rabu (10/2/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi jerawat

Manfaat daun binahong pertama yang bisa Anda dapatkan ialah dapat membantu untuk mengatasi jerawat. Manfaat daun binahong untuk mengatasi jerawat tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya.

Kandungan seperti flavonoid, alkaloid, dan antioksidan tinggi yang ada di dalamnya berperan penting untuk membantu mengatasi jerawat sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit kulit di area wajah ini.

2. Agen antiinflamasi

Manfaat daun binahong dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi. Mengandung senyawa flavonoid yang tak hanya dapat digunakan sebagai antiinflamasi, tetapi juga antibakteri serta antioksidan.

Kandungan ini dapat menghambat aktivitas bakteri E. coli dan S. aureus yang memicu berbagai penyakit, satu di antaranya Infeksi Saluran Kemih (ISK).

3. Obat diabetes

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah dapat membantu mencegah diabetes. Potensi daun binahong sebagai obat diabetes telah terbukti klinis lewat riset yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus jantan galur wistar yang diberikan suntikan ekstrak daun binahong. Hasilnya, kadar gula darah pada tikus tersebut turun saat diberikan dosis 25 mg/Kg berat badan tikus.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mencegah penyakit ginjal

Selain mampu menjadi obat diabetes, daun binahong memiliki khasiat membantu mencegah penyakit ginjal. Biasanya tubuh akan menghasilkan kreatinin sebagai produk sampah dari aktivitas di otot.

Kadar kreatinin yang berlebihan dapat memunculkan penyakit ginjal. Ginjal bekerja untuk mempertahankan kadar kreatinin dalam darah untuk berada pada level normal.

Saat ginjal terganggu, kadar kreatinin akan meningkat karena ginjal tidak mampu membersihkannya. Mengonsumsi ekstrak daun binahong juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis.

Manfaat daun binahong ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pengidap gagal ginjal setelah pemberian ekstrak daun binahong.

5. Mengobati luka bakar

Manfaat daun binahong dalam mengobati luka bakar, diduga berasal dari kandungan antibakterinya. Kandungan antibakteri ini mampu merusak membran sel bakteri sehingga bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada luka bakar menjadi lisis.

Tak hanya berkhasiat obati luka bakar, kandungan lain dalam daun binahong untuk luka menjadi pendukung untuk mempercepat penyembuhan luka bakar, mulai mengurangi inflamasi, memelihara membran mukosa hingga mengurangi rasa nyeri pada luka bakar.

6. Menurunkan asam urat

Bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat, Anda bisa memanfaatkan daun binahong sebagai alternatif. Daun binahong memiliki kandungan flavonoid yang berperan dapat menurunkan kadar asam urat.

Hal ini sudah lewat uji klinis pada tikus yang menjadi binatang percobaan dalam penelitian tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Menghaluskan dan memutihkan wajah

Selain mengatasi masalah kulit berjerawat, Anda bisa memanfaatkan daun binahong untuk kecantikan lainnya. Bagi Anda yang memiliki wajah kusam dan kasar, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai solusinya.

Daun binahong terkenal mampu menghaluskan kulit dan memutihkan wajah. Caranya, Anda hanya perlu menumbuk daunnya, kemudian dijadikan masker selama satu malam. Anda baru bisa membilasnya saat mandi pagi keesokan harinya.

8. Mencegah penuaan dini

Memiliki kandungan antioksidan, seperti lutein, vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan zeaxanthin yang ada di dalamnya, daun binahong bisa berguna memberi perlindungan pada organ dan kulit Anda dari radikal bebas.

Beragam kandungan tersebut mampu membantu kulit Anda menjadi lebih elastis dan dan tentunya mencegah penuaan dini.

9. Menghilangkan komedo

Anda bisa memanfaatkan daun binahong untuk menghilangkan komedo. Anda cukup cuci muka dengan air rebusan daun binahong. Lakukan cara ini secara rutin sehari tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Sumber: Gooddoctor, Honestdocs

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer