Sukses


Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana serta mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan.

Setiap perusahaan pasti membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan pendanaan harus dikelola dengan baik dan terarah.

Itulah mengapa, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki dan memperhatikan manajemen keuangannya.

Adapun tujuan menajemen keuangan ialah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap aset yang dimiliki.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manajemen keuangan, penting untuk memahami pengertian dari para ahli, fungsi hingga ruang lingkupnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian manajemen keuangan dari para ahli, fungsi, hingga ruang lingkupnya, seperti dikutip dari laman Dosenpendidikan, Kamis (11/2/2021).

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Ahli

Prawironegoro

Manajemen keuangan ialah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

Bambang Riyanto

Manajemen keuangan ialah keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

JF Bradley

Manajemen keuangan ialah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

J. L. Massie

Manajemen keuangan ialah kegiatan operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk sebuah operasi yang efektif dan efisien.

Sutrisno

Manajemen keuangan ialah sebagai semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

James Van Horne

Manajemen keuangan ialah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

Menurut Sonny S

Manajemen keuangan ialah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

3 dari 4 halaman

Fungsi Manajemen Keuangan

Menurut Agus Hartijo via dosenpendidikan.com, terdapat tiga fungsi utama dari manajemen keuangan, yaitu sebagai berikut:

Keputusan Investasi (Invesment Decision)

Keputusan investasi yaitu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh perusahaan. Perlu diketahui, keputusan investasi adalah keputusan yang paling penting di antara ketiga fungsi lainnya.

Hal ini karena keputusan investasi berpengaruh langsung pada rentabilitas investasi dan aliran kas perusahaan untuk waktu yang akan datang.

Keputusan Pendanaan (Financing Decision)

Keputusan pendanaan yakni keputusan yang menitikberatkan pada dua hal, yaitu keputusan mengenai penetapan sumber dana yang diperlukan untuk membiayai investasi, serta penetapan tentang perimbangan pembelanjaan yang terbaik (sering disebut dengan struktur modal optimum).

Keputusan Pengelolaan Asset (Asset Management Decision)

Keputusan pengelolaan aset maksudnya, manajer keuangan bersama manajer-manajer lain dalam suatu perusahaan bertanggung jawab terhadap berbagai tingkatan operasi dari aset-aset yang ada.

4 dari 4 halaman

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berhubungan dengan tiga aktivitas. Berikut aktivitas-aktivitas tersebut:

a. Aktivitas Penggunaan Dana

Aktivitas penggunaan dana adalah aktivitas guna menginvestasikan dana pada berbagai aktivas. Alokasi dana berbentuk financial assets (aktiva finansial) dan real assets (aktiva riil).

b. Aktivitas Perolehan Dana

Aktivitas perolehan dana adalah aktivitas guna mendapatkan sumber dana. Sumber dana ini baik dari sumber dana internal ataupun eksternal perusahaan.

c. Aktivitas Pengelolaan Aktiva

Aktivitas pengelolaan aktiva adalah setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva. Dana tersebut harus dikelola seefisien mungkin.

 

 

Sumber: Dosenpendidikan

Video Populer

Foto Populer