Sukses


Termasuk Mengatasi Masuk Angin, Ini 5 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Indonesia terkenal dengan kekayaan alam berupa herba. Herba bisa diartikan sebagai tumbuhan yang daun, bunga, atau akarnya dapat digunakan untuk bumbu makanan, obat-obatan, atau parfum. Satu di antaranya ialah temulawak (Curcuma Xanthorrhiza).

Sebagai obat-obatan, khasiat temulawak sudah terkenal dari generasi ke generasi. Satu di antara khasiat temulawak yang selama ini diyakini adalah kemampuannya mengatasi masuk angin.

Hal itu berkat kandungan Senyawa curcumin, yang merupakan bahan aktif efek anti-peradangan yang cukup kuat sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

Sementara, antioksidan curcumin mampu memerangi radikal bebas sehingga dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Temulawak cukup mudah ditemukan karena banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Jika tak ingin memarutnya, Anda bisa membeli temulawak berupa bubuk atau yang sudah diolah menjadi jamu, obat-obatan, atau Anda bisa mendapatkan sari atau ekstrak temulawak dalam Herbalice.

Herbalice merupakan minuman sari atau ekstrak temulawak sehingga lebih praktis ketika ingin mendapatkan khasiat dari temulawak. Herbalice dapat dikonsumsi panas maupun dingin oleh anak-anak hingga orang tua.

Lantaran kepraktisannya, Anda tentu makin mudah mendapatkan manfaat temulawak dengan mengonsumsi Herbalice. Apalagi Herbalice memiliki rasa enak dan segar serta mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Herbalice juga tidak memiliki efek samping.

Lantas apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan? Berikut ini penjelasan singkat manfaat temulawak bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

2 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

1. Membantu mengatasi masuk angin

Masuk angin menjadi penyakit yang paling umum terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Penyakit ini biasanya memiliki gejala, seperti perut kembung dan suhu badan panas.

Mayoritas orang yang terserang masuk angin biasanya juga akan merasa kedinginan dan mual hingga muntah-muntah.

Untuk meredakannya bisa menggunakan temulawak. Temulawak berkhasiat mengurangi gejala masuk angin, seperti mual-mual dan memberikan efek hangat pada tubuh.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Temulawak dipercaya ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami banyak orang.

Ada sebuah studi yang meminta beberapa pasien yang memiliki gangguan pencernaan untuk mengonsumsi ekstrak temulawak secara rutin setiap hari selama satu minggu.

Hasilnya, gangguan yang dimiliki lebih cepat hilang daripada mereka yang tidak mengonsumsi temulawak sama sekali.

Hal itu karena temulawak membantu merangsang empedu untuk memproduksi cairan empedu, yang berguna untuk memperlancar metabolisme pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi Herbalice untuk membantu mengatasi masalah pencernaan yang Anda rasakan. Herbalice merupakan ekstrak temulawak alami yang tidak memiliki efek samping. 

Alhasil, Anda bisa lebih tenang memgonsumsi makanan tanpa kuatir bermasalah dengan pencernaan Anda. Anda bisa makan apa saja, yang penting minum Herbalice.

3 dari 3 halaman

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

3. Mengatasi peradangans sendi

Peradangan yang terjadi pada sendi dapat diakibatkan oleh berbagai hal, seperti obsesitas serta penuaan dini.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan kepada orang yang mengalami peradangan sendi, temulawak bekerja sama baiknya dengan efekibuprofen, yang bertugas mengurangi rasa sakit pada sendi.

Untuk mendapatkan manfaat dan hasil terbaik, konsumsilah ekstrak temulawak segar yang diseduh dengan air hangat setiap hari secara rutin.

4. Antijamur dan Antibakteri

Manfaat temulawak berikutnya adalah sebagai obat antijamur dan antibakteri, yang membuat temulawak secara efektif dapat membasmi jamur dan bakteri di dalam tubuh.

Kandungan antibakteri pada temulawak terbukti melawan bakteri jahat, khususnya staphylococcus dan salmonella. Sedangkan antijamurnya efektif menangkal jamur golongan dermatofita.

5. Obat Jerawat

Temulawak yang biasanya dijadikan sebagai obat untuk kesehatan atau minuman, dapat membantu mengobati jerawat.

Kandungan sifat astringent dalam temulawak terbukti ampuh melawan jerawat membandel yang sering muncul di wajah.

Hal itu karena astringent dalam temulawak bekerja mengurangi pertumbuhan minyak di kulit wajah, yang biasanya menjadi satu di antara penyebab munculnya jerawat.

Temulawak juga mengandung antiseptik yang bertugas untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

Video Populer

Foto Populer