Sukses


Pengertian Karya Ilmiah, Jenis, Ciri, Struktur hingga Manfaatnya yang Perlu Dimengerti

Bola.com, Jakarta - Bagi beberapa orang mungkin sudah akrab dengan karya ilmiah atau karya tulis ilmiah, apalagi para mahasiswa.

Para mahasiswa dituntut bisa menyusun karya ilmiah untuk mencapai gelar sarjananya dengan menulis hasil penelitian yang dikenal dengan nama skripsi.

Karya ilmiah dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah.

Biasanya karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis.

Hal ini sangat penting karena karya ilmiah yang dihasilkan harus dapat dipertanggungjawabkan keasliannya dan kelogisannya.

Jadi, saat membuat karya ilmiah, seorang penulis harus menaati bagian-bagian penting dalam kaidah kepenulisan karya ilmiah, seperti menggunakan bahasa yang formal, baku, sesuai teori, dan fakta yang ada di lapangan.

Beberapa jenis karya tulis ilmiah yang populer selain skripsi, antara lain makalah, paper, tesis, dan disertasi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang karya ilmiah, berikut ini penjelasan secara detail yang bisa menambah pengetahuanmu, dikutip dari lamanĀ Pengertiandefinisi dan Bahasa.foresteract, Selasa (15/6/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli

1. Pengertian karya ilmiah menurut para ahli

Brotowidjoyo

Karya ilmiah merupakan karangan ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar.

Eko Susilo M

Karya ilmiah merupakan suatu tulisan atau karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

Jones

Karya ilmiah merupakan karangan ilmiah yang ditujukan untuk masyarakat tertentu atau profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi.

Hery Firman

Karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan atau dipaparkan dari hasil pengkajian ataupun penelitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyarakat keilmuan.

Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Karya Ilmiah

2. Jenis-jenis karya ilmiah

Makalah

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang mengutarakan suatu masalah dan pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.

Kertas kerja

Kertas kerja hampir sama dengan makalah, namun penjabaran untuk kertas kerja lebih mendetail daripada makalah. Kertas kerja adalah karangan tertulis yang membahas masalah tertentu yang disampaikan dalam suatu seminar untuk mendapat jawaban lebih lanjut.

Skripsi

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang ditulis menurut pendapat orang lain dan diri sendiri. Data diperoleh melalui observasi lapangan atau percobaan laboratorium. Skripsi wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai persyaratan akhir pendidikannya.

Tesis

Tesis adalah karya ilmiah yang menyajikan temuan baru dengan melakukan penelitian sendiri. Tesis lebih mendetail daripada skripsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tesis merupakan pernyataan yang didukung oleh argumen yang disajikan dalam bentuk karangan untuk memperoleh gelar sarjana pada perguruan tinggi dan merupakan karangan ilmiah yang dibuat untuk mendapatkan gelar sarjana pada suatu universitas (perguruan tinggi).

Disertasi

Disertasi adalah karya ilmiah yang menyajikan suatu dalil dan dibuktikan sendiri oleh penulis. Disertasi ini disusun sebagai tugas akhir untuk meraih gelar doktor.

4 dari 5 halaman

Ciri-ciri dan Struktur Karya Ilmiah

3. Ciri-ciri karya ilmiah

Karya tulis ilmiah memilik ciri-ciri yang kompleks dan tersusun rapi. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Suatu permasalahan diungkapkan secara logis, fakta dari data yang kredibel, dan analisis yang objektif, serta pada bagian rumusan masalah diungkapkan dengan kalimat interogatif.
  • Opini yang dikemukakan harus berlandaskan teori dari berbagi sumber, seperti pendapat ahli, jurnal ilmiah, atau buku-buku yang sudah terbit, bukan berasal dari imajinasi, perasaan, atau pendapat yang subjektif.
  • Ragam bahasa haruslah ilmiah, tidak ambigu, dan tidak menggunakan kata-kata yang bersifat konotatif.

Ā 

4. Struktur karya ilmiah

Bagian pendahuluan

Bagian pendahuluan ini berisi dasar dalam penelitian ilmiah yang dilakukan, masalah yang diangkat, dan mekanisme dari penyelesaian masalah tersebut.

Bagian isi dan pembahasan

Bagian dari isi dan pembahasan biasanya terdiri satu atau dua bab, dengan jumlah bab yang tergantung pada seberapa pelik pembedahan dan pembahasannya dari bahan penelitian itu sendiri.

Bagian penutup dan kesimpulan

Bagian dari kesimpulan adalah hasil analisis penelitian dari bagian isi dan pembahasan. Kesimpulan yang disampaikan berupa penjelasan singkat dan padat, tentang hasil analisis. Biasanya bagian ini terdiri dari satu bab saja, dan ditambah paparan saran.

5 dari 5 halaman

Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

5. Manfaat penulisan karya ilmiah

  • Melatih mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.
  • Melatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber.
  • Mengenalkan kegiatan kepustakaan.
  • Meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis.
  • Memperoleh kepuasan intelektual.
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.
  • Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.

Ā 

Sumber: Pengertiandefinisi, Bahasa.foresteract

Video Populer

Foto Populer