Sukses


4 Cara Menjaga Kesehatan Mata saat Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Semenjak banyak sekolah yang menghentikan aktivitas offline atau tatap muka di tengah pandemi COVID-19, pengajaran berbasis online menjadi aktivitas normal yang baru di kalangan para pejalar.

Namun, pembelajaran secara daring ini tetap memiliki nilai plus dan minus. Satu di antara dampak yang harus dihadapi para siswa ialah kemungkinan menurunnya kesehatan mata.

Berdasarkan laporan dari Association of Optometrist (AOP), terdapat risiko ketegangan mata digital akibat melihat atau menatap layar komputer maupun smartphone dalam waktu lama.

Ketengangan pada mata memang tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Akan tetapi, kondisi ini bisa menyebabkan ketaknyamanan pada mata para siswa, seperti penglihatan sakit dan mata lelah.

Meski begitu, para orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi potensi menurunnya kesehatan mata putra dan putri Anda saat belajar secara daring di rumah selama pandemi COVID-19 masih merebak.

Dilansir dari Covid19.go.id, Selasa (6/7/2021), berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata saat belajar daring di masa pandemi COVID-19.

2 dari 2 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata saat Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19

  • Pilih poisi paling nyaman

Sejajarkan posisi laptop Anda dengan posisi duduk Anda dan atur jarak sekitar 40-50 cm antarmata dan layar laptop.

  • Mengatur tingkat pencahayaan layar

Jangan gunakan brightness yang terlalu terang atau terlalu gelap, sesuaikan tingkatnya. Perlu diketahui, cahaya yang terlalu silau adalah sumber terbesar kelelahan mata saat menatap komputer.

  • Alihkan pandangan sejenak

Gunakan rumus 20-20-20, yakni 20 menit untuk menatap gawai, palingkan mata Anda selama 20 detik untuk melihat jarak 20 meter.

  • Makan makanan sehat

Untuk menjaga kesehatan mata putra putri Anda, berikan nutrisi yang tepat. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, yang terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan, serta ikan laut.

 

Sumber: Covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer