Sukses


7 Cara Ampuh Menekan Nafsu Makan, Hindarkan dari Makan Berlebih

Bola.com, Jakarta - Cara menekan nafsu makan perlu Anda ketahui agar tidak mengonsumsi makanan berlebihan dan menyebabkan obesitas.

Tidak hanya obesitas, makan berlebihan dan tidak terkontrol bisa memicu munculnya penyakit lain, semisal penyakit jantung.

Merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang untuk menekan nafsu makan, terlebih lagi bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Nafsu makan setiap orang memang berbeda-beda, ada yang mudah dalam mengendalikannya dan tidak sedikit pula yang kesulitan menahannya.

Ada banyak faktor dalam kehidupan sehari-hari yang bisa memengaruhi nafsu makan seseorang, seperti stres dan keadaan metabolisme tubuh.

Ketika nafsu makan susah ditekan, hal itu akan membuat hasrat Anda untuk ngemil dan makan menjadi lebih tinggi.

Ada beberapa cara sederhana, namun ampuh Anda terapkan untuk meredam nfpsu makan dan membuat Anda bisa mengendalikannya.

Berikut tujuh cara ampuh menekan napsu makan, yang patut Anda coba, dikutip dari Medicalnewstoday, Rabu (4/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menekan Napsu Makan

1. Minum Air Sebelum Makan

Minum segelas air sebelum makan terbukti membuat Anda merasa lebih kenyang dan tidak terlalu lapar setelah makan sehingga mengurangi dorongan untuk makan berlebih.

Tak hanya mengurangi nafsu makan, konsumsi air putih membantu Anda menurunkan berat badan dan tercegah dari dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter per hari.

2. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan berserat seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran, mengandung serat yang tidak mudah terurai sehingga tetap berada dalam tubuh lebih lama. Hal ini memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari.

Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat menjadi penekan nafsu makan yang efektif. Diet tinggi serat juga dikaitkan dengan tingkat obesitas yang lebih rendah.

3. Kurangi Stres

Ada orang yang menjadikan makanan sebagai pelarian ketika stres. Makanan memang sering kali dijadikan 'penghibur' ketika sedang tertekan. Belum lagi makanan yang dipilih adalah makanan yang tinggi kalori, manis, atau berlemak tinggi.

Makanan seperti itu memang bisa dianggap seperti obat, tetapi jika setiap stres Anda mengonsumsi makanan itu, jangan terkejut apabila berat badan melonjak.

Cara meredam nafsu makan lainnya adalah mengelola stres dengan baik. Stres itu wajar dan semua orang mengalaminya. Namun, jangan buat makanan jadi pelariannya.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menekan Napsu Makan

4. Berolahraga

Olahraga adalah penekan nafsu makan yang terbilang cukup efektif. Sebuah penelitian menemukan hormon nafsu makan ditekan semaksimal mungkin setelah berolahraga, terutama olehraga dengan intensitas tinggi.

Rutin berolahraga dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar.

5. Konsumsi Jahe

Mengonsumsi sedikit bubuk jahe terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Hal itu karena efek stimulasi pada sistem pencernaan.

Coba untuk mecampurkan jahe pada bahan masakan, atau membuatnya sebagai minuman hangat dan meminum sesaat sebelum waktu makan tiba.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menekan Napsu Makan

6. Cukupi Waktu Istirahat

Tidur malam setidaknya selama tujuh jam memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Jika Anda cukup tidur, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh lebih mampu mengendalikan nafsu makan.

Selain itu, tidur cukup setiap malam khususnya bagi orang dewasa, akan menjauhkan mereka dari stres, yang juga satu di antara penyebab makan berlebihan.

7. Makan Lebih Banyak Protein

Tidak semua bahan makanan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Coba mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak untuk membuat tubuh merasa kenyang secara menyeluruh.

Protein membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Meningkatkan jumlah protein dalam diet dapat mengurangi rasa ingin makan dan menjaga tubuh kenyang lebih lama setelah makan.

Selain itu, protein sangat membantu saat sarapan. Hal ini karena sarapan membantu Anda untuk tidak makan terlalu berlebihan pada siang hari. 

 

Sumber: Medicalnewstoday

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer