Sukses


Cara Merawat Pakaian di Musim Hujan, Bikin Tak Jamuran

Bola.com, Jakarta - Cara merawat pakaian di musim hujan perlu diperhatikan masyarakat Indonesia. Lantaran berada di iklim tropis, musim di Indonesia hanya ada dua, yakni kemarau dan hujan.

Saat musim hujan tiba, kelembapan udara lebih tinggi daripada saat kemarau. Kondisi tersebut membuat pakaian bisa menjadi sarang kuman dan serangga.

Tak jarang, ada jamur yang muncul di pakaian yang disimpan di lemari saat musim hujan.

Itulah mengapa, penting menjaga pakaian tetap bersih dari serangan jamur, khususnya saat musim penghujan tiba. Pasalnya, jamur akan membuat pakaian tak enak dilihat dan berbau tak sedap.

Berikut cara merawat pakaian di musim hujan, disadur dari Liputan6, Minggu (29/8/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Prioritaskan Pakaian Kering

Anda perlu memprioritaskan jenis pakaian. Hal ini untuk menghindari efek jangka panjang pada pakaian yang basah karena hujan. Jangan biarkan pakaian basah terlalu lama disimpan di keranjang cucian karena akan berbau tidak sedap.

Selanjutnya, sangat penting untuk memilah pakaian lembap dan kering. Pastikan hanya pakaian kering saja yang digantung di lemari, sementara yang lembap wajib diangin-anginkan sampai kering.

Anda juga bisa menyimpan pengharum lemari pakaian untuk menghilangkan kelembapan yang berlebih.

3 dari 4 halaman

2. Gunakan Alat Dehumidifier

Dehumidifier merupakan perangkat yang menghilangkan kelembapan dari udara. Jika Anda tinggal di tempat yang secara lembap di musim hujan, alat ini cocok untuk Anda.

Dehumidifier tidak hanya mengatasi kelmbapan di udara, tetapi juga membantu pakaian Anda lebih cepat kering. Selama musim hujan Anda dapat mengandalkan layanan dry cleaning untuk mencuci, menyetrika, dan mengeringkan pakaian berharga Anda.

4 dari 4 halaman

3. Simpan Pakaian dengan Tepat

Setelah selesai dengan perawatan, Anda harus memperhatikan cara penyimpanan yang benar. Pakaian yang sensitif sebaiknya dibungkus dalam tas katun yang berbahan alami, ringan, higienis, bebas asam, dan tahan lama.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Muhammad Thoifur/Editor: Dinny Mutiah. Published: 11/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer