Sukses


12 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Rambut rontok memang sangat menjengkelkan karena kondisi tersebut bisa berujung pada kebotakan. Agar tidak makin parah, Anda perlu tahu cara mengatasi rambut rontok dengan baik dan benar.

Rambut rontok telah menjadi masalah umum dalam masyarakat. Kerontokan pada rambut disebabkan banyak faktor, seperti keturunan genetik dan gaya hidup yang tidak sehat.

Rambut rontok bisa diatasi dengan berbagai cara alami, seperti mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menjaga kesehatan rambut.

Anda juga bisa merawat rambut semenjak dini agar terhindar dari kerontokan. Hal itu karena jika rambut rontok sudah berlebih, akan sulit untuk diobati.

Perawatan yang dilakukan pada rambut agar tidak rontok meliputi penguatan akar rambut, mencegah kulit kepala agar tidak berminyak, dan merangsang kembali pertumbuhan rambut.

Berikut 12 cara mengatasi rambut rontok, yang bisa Anda coba terapkan, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (5/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Minum Cukup Air

Rambut terbentuk dari beberapa kandungan, satu di antaranya adalah air, sehingga memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang kering akan mudah patah dan rontok. Tetap terhidrasi akan mencegah rambut dari kekeringan dan menjauhkannya dari kerontokan.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin A

Vitamin A terdiri dari retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga bisa membantu produksi sebum, menjaga kesehatan kulit kepala dan mampu memperkuat akar rambut.

Makanan yang kaya vitamin A seperti ubi jalar, paprika, wortel, dan bayam bisa dikonsumsi setiap saat untuk mencegah rambut rontok.

3. Konsumsi Minyak Ikan

Mengonsumsi asam lemak omega seperti minyak ikan, dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam. Minyak ikan menyediakan protein dan nutrisi penting untuk folikel rambut dan kulit.

Minyak ikan mencegah peradangan folikel rambut, faktor yang secara langsung berkontribusi pada kerontokan rambut. Minyak ikan juga meningkatkan sirkulasi di kulit kepala yang dapat memicu pertumbuhan rambut secara alami.

4. Gunakan Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Ginseng tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut baru, tetapi juga mencegah penipisan dan kerusakan rambut. 

Tanaman herbal ini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau digunakan dalam bentuk produk perawatan rambut.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

5. Konsumsi Cukup Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Orang dengan rambut rontok cenderung memiliki kondisi kekurangan protein.

Mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan protein sehat termasuk telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu rendah lemak, dan ayam.

6. Melakukan Pijatan

Memijat kulit kepala membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Memijat kepala merangsang kulit kepala dan meningkatkan ketebalan rambut. Memijat juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan yang merupakan satu di antara penyebab rontoknya rambut.

7. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein yang dialami oleh rambut.

Minyak kelapa merupakan produk pelembap yang sangat baik untuk rambut. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya membantu meredakan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal.

8. Gunakan Urang Aring

Urang aring sudah lama dikenal sebagai obat herbal alami untuk rambut. Urang aring mengandung vitamin E yang dikenal dapat melawan radikal bebas yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, urang aring membantu memperkuat rambut, mencegah uban, dan ketombe.

Urang aring dapat ditemukan dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau minyak rambut. Ekstrak daun urang aring juga bisa menjadi pilihan. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

9. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Gel serbaguna ini membantu menenangkan kulit kepala dan merawat rambut.

Lidah buaya mengurangi ketombe dan membuka blokir folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh produksi minyak berlebih.

Lidah buaya bisa diaplikasikan langsung gelnya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam satu minggu. 

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Anda bisa langsung mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam.

Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan protein yang terdapat pada yoghurt memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut.

Anda cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama lima menit, kemudian bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

12. Hindari Pemanasan Rambut

Kurangi pemakaian catokan atau pengeriting rambut. Proses pemanasan rambut akan membuat rambut kering dan mudah patah.

Panas bisa dengan mudah melemahkan protein rambut, dan pemanasan serta pengeringan yang konstan bisa menyebabkan kelemahan serta kerapuhan yang menyebabkan rambut rontok.

 

 

Disadur dari: Liiputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari. Editor: Fadila Adelin. Published: 2/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer