Sukses


9 Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Pencegahannya agar Tidak Minus

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan mata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh lainnya, terlebih lagi mata merupakan satu di antara bagian tubuh yang sangat rentan terkena masalah.

Pada era milenial ini, ada banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko mata terkena penyakit, khususnya mata minus. Satu di antaranya yang paling umum adalah layar komputer dan HP.

Seperti diketahui, pada saat ini menggunakan komputer dan HP merupakan kebutuhan, di lain sisi terlalu banyak terpapar radiasi dari layar gadget bisa menyebabkan mata menjadi iritasi.

Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani atau cenderung dibiarkan, gangguan pada mata menjadi momok yang harus Anda hadapi.

Dewasa ini masalah pada mata berupa penglihatan yang kabur boleh dibilang menjadi hal umum, terutama pada generasi muda atau remaja.

Sedangkan, penglihatan yang kabur tersebut bisa menjadi pertanda Anda terkena rabun jauh atau yang biasa dikenal dengan mata minus.

Agar mata tetap sehat dan jauh dari minus, Anda perlu menjaga kesehatan mata semenjak dini.

Berikut sembilan cara menjaga kesehatan mata dan cara pencegahan agar tidak minus, seperti disadur dari Dream, Jumat (8/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Pencegahannya agar Tidak Minus

1. Olahraga secara Rutin

Olahraga dan latihan fisik secara teratur tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membentuk otot saja.

Kegiatan ini sangat berpengaruh untuk kesehatan mata karena dengan olahraga penyakit-penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol akan teratasi.

Penyakit-penyakit itu tidak hanya akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga kesehatan mata dan penglihatan kita. Oleh sebab itu, olahraga rutin sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

2. Olahraga Mata

Tidak hanya olahraga fisik, untuk menjaga kesehatan mata, olahraga mata juga perlu untuk dilakukan. Olahraga mata bisa dengan menggosok kedua telapak tangan, lalu menempelkannya ke mata sehingga mata akan merasa hangat.

Selain itu, olahraga mata bisa dengan mengedipkan mata secara berkala atau menggerakan bola mata.

3. Konsumsi Makanan Sehat 

Apapun makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh. Mulai kesehatan organ tubuh, kulit, otak, dan mata.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan mata, kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur bisa menjadi pilihan yang paling baik. Selain itu, jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan gizi harian dengan mengonsumsi lemak sehat, protein, dan protein.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Pencegahannya agar Tidak Minus

4. Mengontrol Berat Badan

Kelebihan atau kekurangan berat badan bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, berat badan yang berlebihan dapat memicu obesitas.

Orang dengan penyakit obesitas lebih berisiko terkena retinopati diabetik atau glukoma, satu di antara penyakit mata yang menyerang bagian retina.

Cara menjaga kesehatan mata tidak hanya berkaitan dengan mata secara langsung, namun lebih menyeluruh, seperti konsumsi makanan hingga berat badan.

5. Menggunakan Kacamata pada Kondisi Tertentu

Yang dimaksud mengenakan kacamata pada kondisi tertentu di sini adalah, ketika berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari menyengat, sangat disarankan untuk menggunakan kacamata.

Tidak hanya untuk gaya saja, tetapi untuk melindungi mata dari kerusakan pemicu katarak dan degenerasi makula.

Saat berada di luar ruangan, sangat disarankan mengenakan kacamata hitam karena dengan kacamata hitam, 99-100 persen radiasi sinar UV A dan UV B dapat dihadang sehingga mata tetap terjaga kesehatannya.

6. Melindungi Mata

Tidak hanya saat panas atau terkena paparan sinar menyilaukan saja. Saat olahraga, bekerja di konstruksi, atau berada di tempat yang berdebu, usahakan untuk melindungi mata.

Kita bisa menggunakan kacamata khusus saat olahraga atau menggunakan topi yang mampu menutup hingga bagian mata saat berada di tempat yang berdebu.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Pencegahannya agar Tidak Minus

7. Tidak Merokok

Pola hidup sehat memang susah dilakukan sepenuhnya, tetapi perlu kita tahu bahwa pola hidup sehat dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh, satu di antaranya menjaga kesehatan mata.

Tidak cukup dengan pola makan saja, tetapi juga menghindari rokok serta minuman beralkohol. Kedua hal tersebut bisa sangat memengaruhi kesehatan seseorang.

Rokok serta alkohol juga bisa memperburuk kesehatan mata dikarenakan rokok bisa memicu katarak dan merusak saraf optik.

8. Mengurangi Pemakaian Lensa Kontak

Bagi pengguna soft contacts atau lensa kontak, faktor kebersihan lensa dan mata sangat penting. Hal ini dikarenakan lensa mata lebih mudah menyebabkan iritasi pada mata apabila tidak dirawat dengan benar. Atau, cara terbaiknya ialah dengan mengurangi pemakaian lensa kontak.

9. Mengistirahatkan Mata

Cara menjaga kesehatan mata yang terakhir ialah dengan memberi waktu pada mata untuk beristirahat. Cara mengistirahatkan mata tidak hanya dengan tidur saja, tetapi bisa juga dengan mengedipkan mata saat mata mulai terasa lelah.

Selain itu, kita bisa mengistirahatkan mata dari paparan layar dengan memalingkan pandangan selama kurang lebih 20 detik dari layar.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Siwi Nur Wakhidah. Published: 16/9/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer