Sukses


6 Cara Diet Sehat dengan Minum Kopi, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Kopi merupakan satu di antara minuman favorit di dunia. Namun, masih banyak orang yang belum tahu manfaat tersembunyi dari minum kopi.

Menurut jurnal Nutrients pada 2019, kopi bisa menurunkan berat badan. Studi yang dilakukan di Eropa, Asia, dan Amerika itu menemukan bahwa konsumsi kopi bisa membantu menurunkan ukuran jaringan lemak di tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, peneliti menjelaskan bahwa efek kopi untuk menurunkan berat badan bisa terjadi karena beberapa zat aktif di dalam kopi. Zat tersebut bernama asam klorogenik, trigonelin, dan magnesium yang memiliki efek antiobesitas. Kopi juga dapat menekan nafsu makan.

Di samping itu, kandungan kafein di dalam kopi sangat berperan dalam penurunan berat badan. Beberapa manfaatnya, antara lain:

  • Menstimulasi penghancuran lemak lewat stimulasi sistem saraf simpatetik.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan proses pembentukan energi.

Penting untuk diperhatikan, kopi yang dikonsumsi pada studi tersebut adalah kopi tanpa krimer dan gula, atau kopi hitam.

Berikut cara diet sehat dengan minum kopi, dilansir dari Klikdokter, Kamis (4/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Diet Sehat dengan Minum Kopi

1. Pilihan Jenis Kopi

Pilihlah jenis kopi dengan tingkatan roasting yang ringan (light roast). Kopi dengan light roast cenderung lebih kaya akan antioksidan polifenol daripada tingkat roasting medium atau dark.

Selain itu, minum kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Anda dapat membeli biji kopi utuh, lalu menggilingnya sendiri di rumah menggunakan coffee grinder.

Jika Anda khawatir mengenai kandungan pestisida pada kopi, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli biji kopi organik.

2. Ketahui Batasan Minum Kopi Per Hari

Meski kopi punya banyak manfaat bagi kesehatan, bukan berarti Anda boleh minum kopi sebanyak-banyaknya. Jadi, cara diet kopi berikutnya adalah dengan memperhatikan batas minum kopi per hari.

Mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa menyebabkan efek samping, seperti jantung berdebar, gangguan lambung, dan gangguan metabolisme.

Untuk kesehatan yang optimal, seseorang dianjurkan minum kopi 150-450 mililiter saja per hari, atau setara dengan kafein maksimal 400 miligram.

3 dari 4 halaman

Cara Diet Sehat dengan Minum Kopi

3. Minum Kopi di Jam Tertentu

Kopi paling baik dikonsumsi pada pukul 10.00-15.00. Setelah pukul 15.00, minum kopi tak lagi dianjurkan karena dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Bukannya manfaat diet kopi yang didapat, melainkan insomnia di malam hari yang justru bisa mengganggu kesehatan.

4. Menggunakan Pengganti Gula yang Aman dan Sehat

Gula benar-benar tak dianjurkan untuk dibubuhkan ke kopi. Minum kopi manis satu gelas saja setiap hari akan menyebabkan Anda berisiko tinggi mengalami diabetes melitus dalam 5-10 tahun kemudian.

Coba membiasakan diri menikmati rasa pahit dalam kopi. Jika merasa harus memberikan rasa manis dalam kopi, sebaiknya gunakan pemanis buatan yang tak mengandung kalori sama sekali, seperti gula stevia.

4 dari 4 halaman

Cara Diet Sehat dengan Minum Kopi

5. Lebih Baik Gunakan Susu daripada Krimer

Banyak orang suka menambahkan krimer ke kopi untuk menambah kelezatan. Padahal, agar memperoleh manfaat kopi untuk menurunkan berat badan, penambahan krimer tidak dianjurkan karena kandungan lemaknya tinggi serta terdapat kandungan gula.

Jika ingin menambahkan efek creamy pada kopi, lebih baik gunakan susu sapi cair, seperti susu segar atau susu UHT. Selain tak mengandung gula, susu tersebut merupakan sumber kalsium yang baik bagi tulang.

6. Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis merupakan satu di antara bahan untuk menambahkan cita rasa pada kopi Anda. Berbagai studi juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida.

Masukkan hanya sebanyak setengah sampai satu sendok teh bubuk kayu manis untuk segelas kopi. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/8/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer