Sukses


6 Cara Menghemat Baterai HP Android, Tak Pusing Lagi

Bola.com, Jakarta - Cara menghemat baterai HP (handphone) android perlu diketahui para penggunanya. Baterai merupakan komponen penting dari sebuah smartphone.

Banyak yang sebelum membeli ponsel, terlebih dahulu melihat kapasitas baterai yang ditawarkan. Baterai dengan kapasitas daya lebih besar maupun yang penggunaannya lebih awet, mendapat perhatian lebih dan kerap menjadi pilihan.

Hal itu karena hampir para pengguna HP android tak mau direpotkan dengan seringnya aktivitas mengisi ulang baterai. Memang, daya tahan baterai android dipengaruhi beberapa faktor, termasuk durasi penggunaan itu sendiri.

Baterai HP bisa cepat terkuras jika terus-menerus digunakan. Hal lain, bentuk yang lebih tipis, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, lebih banyak aplikasi yang berjalan, dan koneksi internet yang lebih cepat semuanya berdampak pada baterai ponsel android And.

Namun, tak perlu pusing, karena ada cara menghemat baterai Android yang dapat Anda lakukan.

Nah, berikut beberapa cara menghemat baterai HP android, seperti disadur dari Liputan6, Senin (13/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Android

1. Batasi Aplikasi yang Berjalan

Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan akan tetap aktif bahkan setelah Anda tidak menggunakannya. Di situlah baterai Android terkuras. 

Dengan pengaturan sederhana, Anda dapat sepenuhnya membatasi aplikasi untuk menghemat baterai.

Anda bisa menutup secara keseluruhan aplikasi yang telah terbuka di latar belakang. Biasanya Android memiliki fitur untuk menutup aplikasi yang ada pada latar belakang dengan cara berbeda di tiap model dan merek.

Ada beberapa yang cukup menekan tombol home atau tombol lain selama beberapa detik ada pula yang langsung melalui pengaturan. 

2. Atur Kecerahan Layar

Resolusi yang tajam dan piksel yang melimpah merupakan pemakan baterai yang hebat. Kecerahan layar memengaruhi kinerja baterai serta kinerja mata Anda. 

Atur kecerahan layar di pengaturan yang ada. Sesuaikan dengan keadaan pencahayaan di sekitar Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menonaktifkan kecerahan otomatis. Fitur ini memang bisa menyesuaikan kecerahan berdasarkan kebutuhan, tetapi juga dapat meningkatkan kecerahan layar Anda lebih tinggi dari yang seharusnya.

Anda dapat mengubah berapa lama layar Anda tetap aktif. Di bawah pengaturan tampilan pada ponsel Anda, atur matinya layar setelah beberapa detik. 

Masuk juga ke pengaturan notifikasi untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tertentu sehingga ponsel Anda tidak menyala setiap kali ada notifikasi baru.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Android

3. Matikan GPS

Cara paling signifikan untuk menghemat baterai ponsel adalah mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Sebagai permulaan, kecuali jika Anda memiliki navigasi aktif pada aplikasi seperti Google Maps, beralihlah ke mode lokasi Device Only (di Android Oreo dan sebelumnya).

Kini Android menggunakan beberapa modul lain, termasuk Wi-Fi dan Bluetooth untuk mendeteksi lokasi. Ini menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai dan biasanya tidak begitu diperlukan. 

Anda bisa langsung menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi yang biasanya digulirkan ke bawah. Anda juga bisa buka Pengaturan> Keamanan & lokasi> geser tombol Lokasi untuk menonaktifkan opsi ini.

Selain itu, Anda harus mencabut izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukannya sepanjang waktu. Cara ini memblokir aplikasi untuk menggunakan lokasi. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Tingkat lanjut> Izin aplikasi.

4. Matikan Wi-Fi, Bluetooth, dan Data Otomatis

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data seluler kapan pun Anda tidak membutuhkannya. Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi terbuka bahkan ketika anDA telah menonaktifkan Wi-Fi. 

Untuk mematikannya, buka Pengaturan> Jaringan & internet> Wi-Fi. Di bawah preferensi Wi-Fi, hapus centang pada opsi Nyalakan Wi-Fi secara otomatis.

Wi-Fi dan data seluler tidak perlu dihidupkan setiap saat. Menyalakan Wi-Fi bahkan saat tidak ada jaringan Wi-Fi akan membuat ponsel terus bekerja mencari jaringan. Hal ini cukup menguras kinerja baterai.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Baterai HP Android

5. Nonaktifkan Google Assistant

Meski Google Assistant adalah alat praktis untuk memudahkan pekerjaan, ini merupakan satu di antara fitur Android yang terus-menerus melahap energi ponsel Anda. 

Google Assistant mendengarkan perintah, terhubung ke lokasi untuk langsung mengambil hasil kontekstual, dan banyak lagi.

Jika Anda tidak terlalu bergantung pada Google Assistant, yang terbaik adalah menonaktifkannya. 

6. Aktifkan Dark Mode

Jika HP Android Anda memiliki layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam dapat meningkatkan usia baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. 

Piksel hitam tidak menyala, jadi makin banyak piksel hitam yang Anda miliki, atau makin banyak piksel yang lebih gelap, makin sedikit daya yang diperlukan.

Anda juga bisa memasang wallpaper gelap secara manual. Selain itu mengaktifkan mode malam pada aplikasi yang kompatibel seperti Twitter, bisa membantu penghematan baterai. Aplikasi pihak ketiga untuk metode malam adalah alternatif untuk menghemat penggunaan baterai Android di HP Anda.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 30/7/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer