Sukses


Manfaat Olahraga Bulu Tangkis secara Rutin, Bantu Tingkatkan Kesehatan Paru-Paru dan Jantung

Bola.com, Jakarta - Bulu tangkis atau badminton adalah olahraga permainan bola kecil yang permainannya menggunakan raket, suttlecock, net, dan lapangan bulu tangkis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bulu tangkis adalah permainan dengan memakai raket dan kok yang dipukul melampau jaring yang direntangkan di tengah lapangan.

Seperti cabang olahraga lain, bulu tangkis termasuk olahraga yang menyehatkan jika dilakukan secara rutin. Hal itu karena bulu tangkis termasuk satu di antara jenis olahraga kardio.

Olahraga kardio disebut mampu meningkatkan kesehatan otot jantung dan efektif menurunkan berat badan. Maka itu, bagi yang ingin menurunkan berat badan dan ingin memiliki badan yang ideal, bisa rutin olahraga badminton.

Perlu diketahui, bulu tangkis mempunyai beragam manfaat lain jika dilakukan secara rutin dan teratur. Apa saja manfaat bulu tangkis secara rutin?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat bulu tangkis yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (16/12/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

1. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Bulu tangkis terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru secara maksimal. Hal itu karena saat melakukan bulu tangkis sirkulasi darah menjadi lebih optimal.

Kondisi tersebut yang membuat stamina dan fungsi paru turut meningkat secara keseluruhan.

2. Membantu Menyembuhkan Hipertensi

Bermain bulu tangkis secara rutin bisa meningkatkan kondisi tubuh sehingga denyut jantung basal menurun dan tekanan darah berkurang. Kedua efek ini membantu menekan hipertensi.

Tidak hanya membantu mengendalikan hipertensi, bulu tangkis dianggap mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Hal itu karena bermain bulu tangkis turut membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh dan memicu reaksi kimia alami yang bersifat seperti obat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bulu tangkis yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu mengurangi tekanan pada tulang, juga memicu pertumbuhan sel yang mendorong pertumbuhan tulang yang kuat.

4. Meningkatkan Fungsi Jantung

Bulu tangkis dapat membantu membakar lemak dan menyingkirkan kolesterol berlebih di dalam tubuh. Olahraga bulu tangkis juga membantu meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL).

Kesemua hal ini pada akhirnya mampu meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan sehingga risiko penyakit jantung dan serangan jantung bisa ditekan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Olahraga bulu tangkis membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa) ke rentang optimal sehingga mampu mengurangi risiko diabetes mellitus.

6. Meningkatkan Refleks, Kecerdasan, dan Produktivitas

Gerakan bulu tangkis yang konstan membuat seseorang merasa lebih waspada sehingga meningkatkan refleks tubuh.

Hal tersebut memungkinkan seseorang untuk berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan, memiliki gerakan yang lebih lincah, dan mengembangkan kekuatan yang membantu menghilangkan stres.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

7. Mengatasi Stres

Rutinitas sehari-hari yang padat terkadang membuat seseorang tertekan dan stres. Saat mengalami hal tersebut, bisa meluangkan 15-30 menit per hari untuk bermain bulu tangkis.

Jika hal tersebut bisa terlaksana, tubuh dan perasaan akan terasa lebih rileks sehingga beban yang mencetuskan stres bisa hilang seketika.

Penelitian mengatakan bahwa individu yang bermain bulu tangkis secara rutin dan teratur cenderung memiliki suasana hati yang lebih santai dan pikiran yang tenang.

8. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Saat bermain bulu tangkis, seseorang dituntut harus memiliki pikiran dan tubuh yang terkoordinasi. Hal ini dapat membantu mengasah fungsi kognitif dan keterampilan dalam berpikir maupun mengambil keputusan.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 10/9/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer