Sukses


12 Manfaat Olahraga Berkuda untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Berkuda adalah jenis olahraga yang mengutamakan keterampilan dalam menunggang, mengendarai, melompat atau berlari menggunakan kuda.

Di Indonesia, mungkin tidak semua kalangan bisa menikmati berkuda, tetapi keberadaan olahraga tersebut masih sering dijumpai. Biasanya olahraga berkuda dilakukan oleh bebeberapa artis Indonesia yang sedang menekuninya.

Berkuda tidak hanya dilakukan untuk bersenang-senang atau hiburan saja. Akan tetapi, bisa dijadikan sebagai olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kendati tergolong olahraga mahal, ada banyak manfaat berkuda yang dapat dirasakan ketika melakukannya secara rutin. Olahraga modern ini bisa Anda jadikan pilihan untuk melatih berbagai bagian tubuh agar lebih baik.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga berkuda yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman pulosari.desakupemalang.id, Jumat (17/12/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Berkuda

1. Mengatasi Kram pada Otot

Kram pada otot dapat terjadi akibat banyak hal, satu di antaranya karena jarang bergerak dan berolahraga. Saat menunggang kuda akan dituntut untuk selalu bergerak dan menjaga keseimbangan.

Semua itu tentu memerlukan otot untuk bergerak. Jika sering berkuda, secara otomatis akan terhindar dari kram otot.

2. Memperkuat Otot

Tidak hanya membantu dalam mengatasi kram otot, berkuda dapat membantu memperkuat otot. Gerakan yang dihasilkan saat berkuda bermanfaat untuk membantu otot lebih kuat dan lentur karena selalu mendapat tekanan.

Khususnya pada bagian punggung. Olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk membentuk otot tubuh.

3 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Berkuda

3. Meningkatkan Refleks Tubuh

Orang yang berkuda akan sering bergerak secara cepat dan tak terduga. Saat dalam kondisi tersebut, tentu memerlukan kemampuan lebih dalam mengendalikan kuda.

Gerakan cepat dan tak terduga membuat seseorang yang menunggang kuda akan terlatih dalam melakukan hal tiba-tiba atau refleks, seperti tiba-tiba ingin menghentikan kuda atau berubah arah karena pergerakan kuda yang cepat.

4. Memperkuat Tulang Sendi

Manfaat olahraga berkuda selanjutnya adalah membantu dalam memperkuat sendi, khususnya bagian tubuh atas dan bawah seperti lutut, tangan, dan bagian pinggul.

Berkuda juga merupakan olahraga yang menggunakan sebagian besar fungsi sendi.

4 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Berkuda

6. Membantu Memperlancar Sirkulasi Darah

Banyak gerakan yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tekanan pada otot sebenarnya juga cukup berpengaruh untuk memperlancar aliran darah.

Dengan aliran darah yang lebih lancar saat berolahraga kuda, pasokan oksigen yang akan diedarkan melalui darah lebih lancar dan tidak terganggu.

7. Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat berkuda bagi kesehatan lainnya adalah mampu melatih kardiovaskular. Manfaat ini didapat bergantung pada kecepatan dan ketangkasan kuda, menunggang kuda bisa membutuhkan lebih banyak usaha, energi, dan kapasitas kardiovaskular.

5 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Berkuda

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkuda disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk wanita, berkuda termasuk olahraga berat. Namun, masih dalam ambang wajar kerja jantung apabila hanya dilakukan selama 30 menit.

Berbeda dengan jenis olahraga futsal dan flying fox, baik wanita maupun pria yang menderita serangan jantung diperbolehkan untuk melakukan olahraga berkuda. Hal ini dikarenakan berkuda memiliki dampak positif bagi kesehatan.

9. Menyehatkan Penglihatan Mata

Dalam berkuda, penunggang diharuskan untuk tetap melihat ke depan karena pergerakan kuda yang cepat. Maka itu, harus lebih teliti dalam melihat trek yang ada di depan.

Dengan begitu, penunggang kuda secara tak langsung telah melatih penglihatan untuk lebih melihat cepat dan akurat. Namun, ada baiknya penunggang menggunakan kacamata khusus dalam berkuda.

6 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga Berkuda

10. Meningkatkan Rasa Sabar

Kuda merupakan satu di antara hewan yang memiliki tingkat perawatan dan pengendalian yang lebih mudah. Tidak heran kuda lebih jinak dibandingkan hewan lainnya.

Namun, ada waktunya kuda perlu diperlakukan pendekatan yang lebih. Semua itu pasti memerlukan kesabaran. Dengan kesabaran, tentu akan membuat pemilik kuda terlatih dan bermanfaat untuk diri sendiri kelak.

11. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Selain meningkatkan rasa sabar, rasa tanggung jawab terhadap kuda yang dimiliki juga perlu untuk dijaga. Jika mempunyai kuda sendiri maka bertanggung jawablah. Apa yang dilakukan terhadap kuda tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Anda.

12. Meningkatkan Rasa Disiplin

Merawat kuda merupakan satu di antara hal yang wajib jika memang ingin terjun dalam olahraga berkuda. Semua itu memerlukan rasa kedisiplinan tinggi. Jika Anda memiliki kuda sendiri, secara tidak langsung akan melatih rasa disiplin dalam merawatnya.

 

Sumber: Web Desa Pulosari

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer