Sukses


9 Cara Memilih Sepatu yang Tepat, Sehat, dan Bikin Nyaman

Bola.com, Jakarta - Cara memilih sepatu yang tepat dan membuat nyaman perlu diketahui. Selama ini, mungkin banyak orang abai terhadap faktor dampak pemilihan sepatu terhadap kesehatan kaki.

Kebanyakan, yang menjadi perhatian utama ialah model sepatu tersebut maupun tren yang sedang berlangsung. Terkadang demi mengikuti tren, kita jadi melupakan kenyamanan dan kesehatan kaki. 

Pemilihan sepatu sebaiknya tidak hanya berdasarkan kecocokan model, melainkan juga memperhatikan kesehatan kaki. Salah memilih sepatu dapat membuat kaki Anda menjadi buruk dan mengganggu kesehatan.

Agar tidak salah pilih serta berefek kurang baik, Anda perlu mengetahui cara memilih sepatu yang sehat untuk kaki Anda. Dengan begitu, tak hanya sehat, Anda juga bisa nyaman saat memakainya dalam beraktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara memilih sepatu yang tepat, sehat, dan bikin nyaman, seperti disadur dari Brilio, Senin (20/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Sepatu yang Tepat, Sehat, dan Bikin Nyaman

1. Kenali bentuk dan karakteristik kaki

Setiap orang memiliki bentuk dan karakteristik kaki yang berbeda. Hal ini akan berpengaruh terhadap model sepatu yang cocok dipakai. 

Salah dalam memilih sepatu dapat membuat Anda terlihat aneh dan tidak menarik.

2. Pastikan mengetahui ukuran kaki

Seiring berjalannya waktu akan terjadi perubahan pada ukuran kaki. Saat mencobanya, ukuran kaki dan sepatu saat dipakai tidak boleh longgar karena bisa menyebabkan tidak nyaman, dan bisa membuat Anda tergelincir saat berjalan.

3. Membeli sepatu pada sore atau malam hari

Alasannya, pada sore dan malam hari karena kaki Anda akan mencapai ukuran terbesarnya setelah seharian beraktivitas.

4. Berdiri saat mencoba sepatu

Pastikan masih ada cukup ruang yang tersisa antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu. Tetapi, jangan terlalu longgar.

5. Coba berjalan di lantai keras

Cara selanjutnya, ketika mencoba sepatu yang ingin Anda beli, pakai keduanya dan coba berjalan di atas lantai yang keras untuk merasakan apakah sepatu tersebut nyaman dipakai.

3 dari 3 halaman

Cara Memilih Sepatu yang Tepat, Sehat, dan Bikin Nyaman

6. Coba memegang sepatu di bagian tumit dan ujung

Kedua bagian ini harus fleksibel dan memiliki tekstur yang lembut agar tidak membuat kaki mudah lecet.

7. Uji bantalan (bagian dalam) sepatu 

Cara berikutnya, uji bantalan (bagian dalam) sepatu dengan cara menekan jari ke dalam sepatu. Pilih bantalan yang terasa empuk agar sepatu nyaman dipakai.

8. Perhatikan jenis bahan pembuat sepatu

Anda juga perlu memperhatikan bahan dari sepatu yang hendak Anda beli. Sebaiknya pilih yang terbuat dari kulit, suede, atau kain. Namun, jika Anda memilih bahan sintetis, pilih dengan kualitas yang terbaik dan lentur agar kaki tidak lecet.

9. Perhatikan warna sepatu

Pilihlah sepatu sesuai warna kulit atau warna baju yang Anda kenakan. Untuk Anda yang memiliki kulit gelap, bisa memilih sepatu dengan warna netral, seperti hitam atau cokelat.

 

Disadur dari: brilio.net (Penulis: Aprilia Rakhmawati. Published: 1/8/2018)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer