Sukses


VIDEO: Mengenal Komunitas Parkour Jakarta

Bola.com, Jakarta - Parkour masih diminati oleh beberapa warga di Jakarta sebagai salah satu aktivitas olahraga. Komunitas Parkour Jakarta, yang biasa berlatih di area Taman Puring, Jakarta Selatan, menjadi wadah bagi yang berminat atau pun yang sudah mahir.

Parkour, menurut Yunan dari Parkour Jakarta, awalnya merupakan metode yang dipakai di militer. Kemudian, dipakai di pemadam kebakaran, lalu sosok David Belle, yang membawanya ke perkotaan dan akhirnya tercetuslah istilah Parkour. Bell merupakan seorang aktor, koreografer, dan koordinator pemeran pengganti.

Sementara itu, Parkour Jakarta terbentuk pada Agustus 2006. Setelah sempat berganti-ganti tempat berlatih, kini mereka membuka sesi latihan di daerah Taman Puring, Jakarta Selatan. Waktu latihan dimulai pada pukul 9 pagi setiap hari Minggu.

Menurut Yunan, bagi yang berminat untuk mengikuti latihan Parkour, diharapkan tidak telat bergabung atau tidak datang lebih dari pukul 9. "Kalau mau ikut Minggu pagi sebaiknya tidak telat datang agar tidak terlambat untuk mengikuti pemanasan. Biasanya bagi yang tidak mengikuti pemanasan, lebih rentan untuk cedera," ujar Yunan kepada Bola.com.

Beberapa gerakan dasar akan diajarkan kepada mereka yang baru mengikuti pertama kali Parkour. Mereka biasanya disebut dengan istilah "first timer". Sementara itu, bagi yang sudah menguasai beberapa gerakan akan lanjut ke fase "basic", di mana akan diajarkan hingga sekitar 17 teknik dasar Parkour.

Ingin tahu seperti apa aktivitas yang dilakukan di Komunitas Parkour Jakarta? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan liputan di atas.

Video Populer

Foto Populer