Sukses


Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak, Tak Hanya Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Bola.com, Jakarta - Puzzle adalah permainan yang terdiri dari kepingan-kepingan gambar yang terpotong-potong. Bermain puzzle merupakan satu di antara permainan yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan, terutama anak.

Permainan ini sudah bisa dinikmati oleh anak berusia tiga tahun ke atas. Sebagai permainan yang ramah anak, bermain puzzle memiliki banyak nilai edukatif.

Jika anak senang dan rajin bermain puzzle, sebagai orang tua, berilah dukungan. Hal itu karena bermain puzzle memiliki banyak manfaat bagi anak.

Bagi sebagian orang, mungkin sudah mengetahui manfaat permainan puzzle bagi otak. Lalu, manfaat lain apa yang didapat dari bermain puzzle bagi anak?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat bermain puzzle bagi anak yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (27/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak

1. Melatih Memori

Bermain puzzle membantu anak memahami dan mengikuti instruksi dalam mencapai suatu tujuan.

Permainan ini juga dapat melatih memori karena anak akan mencoba untuk mengingat kembali potongan gambar, pola, atau kata-kata agar bisa sesuai satu dengan lainnya.

2. Mengasah Keterampilan Visuospasial

Sebuah studi dari Universitas Chicago di Amerika Serikat pada 2011, menemukan bahwa manfaat bermain puzzle yang rutin pada anak balita adalah meningkatkan kemampuan keterampilan visuospasial.

Keterampilan visuospasial adalah suatu skill yang berhubungan dengan persepsi dan hubungan-hubungan ruang.

Kemampuan ini dapat terasah dengan bermain puzzle karena anak dituntut untuk mengenal dan memahami bentuk, ukuran, warna, serta ruang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak

3. Mengasah Keterampilan Motorik Halus

Saat bermain puzzle, anak diminta untuk memasang atau memindahkan potongan kecil atau besar, melingkari huruf atau kata-kata, memutar kenop, atau memasukkan potongan gambar ke lubang tertentu yang sesuai.

Semua aktivitas tersebut akan mengasah keterampilan motorik halus, yang sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mengembangkan keterampilan ini sejak dini akan memudahkan anak saat belajar menulis, menggambar, dan bermain instrumen musik.

4. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Jenis-jenis puzzle, baik yang bergambar, teka-teki silang, bentuk yang cocok atau tidak, semuanya membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan.

Melalui permainan puzzle, kemampuan anak untuk menghubungkan apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tangan merespons terhadap hal itu akan terasah dengan baik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak

5. Melatih Keterampilan Sosial

Ada banyak jenis puzzle yang membutuhkan kerja sama dengan orang lain untuk memecahkan kerumitannya. Hal ini akan mendorong anak untuk bekerja dan bermain bersama-sama, baik dengan orang tua ataupun teman sebayanya.

Memainkan puzzle dalam kelompok akan membantu anak memahami apa artinya kesabaran dan kerja sama, serta belajar mengetahui gilirannya.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Permainan puzzle dapat memberikan dorongan pada anak-anak untuk menyelesaikan dan mencapai sebuah tujuan. Secara tak langsung, hal tersebut memberikan dorongan pada anak untuk lebih percaya diri dalam mengatasi berbagai tantangan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bermain Puzzle untuk Anak

7. Mengasah Kemampuan Memecahkan Masalah

Setiap puzzle memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai. Tujuan itu dapat berupa sebuah gambar yang utuh, berhasil mencocokkan semua bentuk, atau melengkapi teka-teki silang.

Saat anak mulai bermain puzzle, ia akan melihat bahwa ada langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikannya. Dari sini, anak belajar untuk bisa memecahkan masalah yang dihadapinya dengan pola berpikir kreatif.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/7/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer