Sukses


Macam-Macam Elemen Multimedia beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools (alat bantu) dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya, dan berkomunikasi.

Multimedia pada awalnya hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar, teks, video, animasi), indra pendengaran (suara), dan juga memiliki wujud.

Akan tetapi, dalam perkembangannya, sekarang ini multimedia juga mencakup kinetik (gerak) dan indra penciuman (bau).

Berikut macam-macam elemen multimedia beserta penjelasannya, disadur dari Liputan6, Senin (27/11/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Elemen Multimedia beserta Penjelasannya

1. Teks

Teks adalah kombinasi kalimat yang bertujuan untuk menjelaskan materi pembelajaran yang dapat dengan mudah dan cepat dipahami oleh pembacanya.

Teks tidak terpisahkan dalam penggunaan komputer, elemen ini adalah dasar dalam pengolahan kata berbasis multimedia. Teks merupakan bentuk data yang paling mudah disimpan. Teks dapat pula digunakan untuk menjelaskan gambar.

2. Grafik

Grafik merupakan satu di antara komponen penting multimedia, di sini gambar adalah satu di antara contoh penggunaan grafik.

Gambar merupakan media yang cocok dalam penyajian informasi. Manusia lebih memiliki ketertarikan pada visual sehingga informasi berbentuk visual seperti gambar lebih mudah dipahami informasi apa yang disampaikannya.

3. Gambar

Gambar merupakan bentuk informasi berupa visual. Gambar dikembangkan dengan menggunakan komputer atau perangkat lunak sehingga lebih menarik dan efektif jika digunakan dalam multimedia pembelajaran.

Elemen gambar atau image dapat dicontohkan seperti foto. Penggunaan gambar dalam multimedia pembelajaran dapat mendeskripsikan sesuatu lebih jelas dan menarik.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Elemen Multimedia beserta Penjelassannya

4. Video

Video adalah media yang dapat memvisualisasikan simulasi pada benda nyata. Video merupakan sarana penyampaian informasi yang memiliki kelebihan yaitu menarik, langsung dan efektif.

Video dalam multimedia pembelajaran dapat memvisualisasikan suatu kegiatan dengan lebih nyata.

5. Animasi

Animasi dapat diartikan penggabungan teks gambar dan suara dalam satu pergerakan. Dalam menciptakan suatu gerakan disebuah animasi perlu digunakan teknologi berupa komputer.

Animasi berguna untuk memvisualisasikan sesuatu selain dengan menggunakan video.

6. Audio

Audio diartikan berbagai bunyi berbentuk digital seperti musik, suara, narasi dan lain-lain. Suara dapat didengar untuk suara latar yang menarasikan informasi/pesan dan lain-lain. Di sisi lain, dengan penggunaan audio dapat meningkatkan daya ingat pendengar.

Dalam multimedia pembelajaran narasi dapat digunakan bersama dengan foto atau teks untuk lebih memperjelas informasi yang akan disampaikan.

7. Interaktivitas

Elemen interaktivitas merupakan elemen penting di dalam sebuah multimedia interaktif. Elemen interaktivitas memanfaatkan komputer dan ditampilkan menggunakan komputer saja.

Beberapa aspek interaktif dapat berupa navigasi, permainan, dan latihan. Jika multimedia diberikan kemampuan untuk dapat dikontrol oleh pengguna maka multimedia tersebut dapat disebut interactive multimedia.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 4/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer