Sukses


SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Tengah: Antusiasme Tinggi, Jumlah Peserta Meningkat

Bola.com, Semarang - Satu lagi bukti antusiasme terhadap pelaksanaan Champion Student Athletics Championship 2023 di berbagai daerah. Kali ini datang dari Kualifikasi Jawa Tengah, di mana jumlah peserta yang mengikuti SAC Indonesia 2023 naik signifikan.

Bahkan jika dilihat dan dibandingkan dengan pelaksanaan tahun lalu, peningkatan jumlah peserta di SAC Indonesia 2023 ini naik cukup tinggi. Hal tersebut diakui oleh Ketua Pengprov PASI Jateng, Rumini.

"Alhamdulillah peserta tahun ini meningkat dua kali lipat," ujar Rumini dalam pembukaan SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Tengah di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jumat (24/11/2023).

Untuk tahun ini, sekolah-sekolah dari Yogyakarta memang masuk dalam Kualifikasi Jawa Tengah. Namun, Rumini melihat antusiasme peserta dari Jawa Tengah sendiri memang sudah luar biasa, termasuk dari kota maupun kabupaten Semarang.

"Sosialisasi SAC tahun ini makin luas dan benar-benar tersebar. Jadi, anak-anak sudah bersiap dari jauh hari," ujar Rumini yang merasa peningkatan jumlah peserta SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Tengah ini hal positif untuk pengembangan atletik sejak dini di Jawa Tengah.

Tercatat ada 4.168 peserta di SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Tengah. Jumlah itu meningkat cukup signifikan dari tahun lalu yang berjumlah 2.800 peserta.

Jumlah peserta yang luar biasa pada tahun ini datang dari 392 sekolah. Bahkan jumlah peserta dari level sekolah dasar mencapai 2.500 pelajar. Sementara peserta SMP lebih dari 700 pelajar, dan SMA mencapai 900 pelajar lebih.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Banyak Kegiatan Atletik, Antusiasme Makin Besar

Sejak kali pertama digelar tahun lalu, Rumini menyebut SAC Indonesia sudah memiliki tempat tersendiri di hati guru, pelatih, dan pelajar di Jawa Tengah. Apalagi olahraga atletik memang banyak peminatnya di Jawa Tengah.

Cukup banyak kejuaraan atletik tingkat pelajar di Jawa Tengah aktif digelar, sehingga ketika SAC Indonesia hadir, maka antusiasme peserta makin terlihat jelas.

"Ketika ada SAC, meeka seperti melihat ini adalah puncaknya. Sekolah-sekolah pun antusias dan totalitas di sini," ujar Rumini. 

PASI Jateng juga memanfaatkan SAC Indonesia 2023 Kualifikasi Jawa Tengah sebagai persiapan event pelajar yang akan mereka gelar ke depannya.

Bahkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto, berharap banyak hadirnya bibit atletik di Jawa Tengah melalui SAC Indonesia 2023, yang dinilainya bisa menjadi wadah prestasi bagi para pelajar.

"Melihat capaian ini tentu saya mengucapkan terima kasih karena SAC Indonesia ini bisa membantu proses kaderisasi para pelajar," ujar Bambang yang juga menilai kehadiran SAC Indonesia juga bisa membuat guru-guru olahraga lebih aktif mengikutsertakan pelajarnya berkompetisi.

"Caranya dengan mendorong kepala satuan pendidikan untuk memberikan kesempatan agar para pengajar bisa terus berlatih.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Beberapa Daerah di Indonesia

Kualifikasi Jawa Tengah yang sedang berlangsung mulai 24 November 2023 merupakan salah satu bagian penyelenggaraan SAC Indonesia  2023. Selain Jawa Tengah, ada pula Sumatra, Jawa Barat, Bali-Nusa Tenggara, Jakarta-Banten, dan Jawa Timur.

SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2.000 sekolah di seluruh Indonesia.

Tahun ini harapannya SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat, mulai di babak regional dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan berlomba di tingkat nasional dalam babak National Championship.

Video Populer

Foto Populer