Sukses


Bacaan Doa agar Diberi Ketenangan Hati dan Sabar yang Lapang dalam Menjalani Hidup

Bola.com, Jakarta - Ketenangan hati dan rasa sabar yang lapang penting untuk dimiliki, terutama saat dihadapkan dengan ujian, cobaan, dan tantangan yang membuat hati gelisah. Satu di antara cara agar diberi ketenangan dan kesabaran adalah dengan doa.

Setiap doa memiliki kekuatan untuk menenangkan hati yang resah, menghadirkan kedamaian dalam pikiran yang kacau, serta memberikan kekuatan untuk menjalani setiap ujian dengan kesabaran dan lapang dada.

Doa-doa tidak hanya menjadi kata-kata yang diucapkan, melainkan sebuah bentuk pengabdian, harapan, dan kesetiaan kepada Allah Swt. dalam menjalani setiap detik kehidupan.

Kehadiran doa juga memberi kekuatan dalam meredakan kecemasan, menenangkan hati yang resah, serta memberikan ketabahan dan kesabaran dalam menjalani liku kehidupan.

Berikut ini bacaan doa diberi ketenangan hati dan sabar yang lapang dalam menjalani hidup, disadur dari Dream, Senin (27/11/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diberi Ketenangan Hati dan Sabar yang Lapang

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati 

Ada beberpa bacaan doa agar diberi kesabaran dan ketenangan hati. Berikut doa yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 250. Doa ini pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Doa Ketenangan Hati 

Banyak cara untuk mendapatkan ketenangan hati. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menghalau kecemasan. Satu di antaranya adalah dengan membaca doa diberikan ketenangan hati. Doa ini bisa membantu menenangkan hati umat muslim di saat gundah.

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni wal ‘ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta dukacita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati selanjutnya dikutip dari surah Thaha ayat 25-28. Doa agar hati tenang yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa a.s. ketika beliau menghadapi Raja Fir'aun.

Berikut bacaan doanya:

Rabbish rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diberi Ketenangan Hati dan Sabar yang Lapang

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati saat Sakit 

Banyak doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dapat umat muslim panjatkan. Satu di antaranya adalah doa diberi kesabaran dan ketenangan hati ketika sedang sakit.

Doa ini dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Anbiya ayat 83, yang merupakan doa yang dibaca Nabi Ayub a.s. saat sedang menerima ujian penyakit kulit yang parah.

Inni massaniya adh-dhurrh wa antra arhamur-rahimin

Artinya:

"(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang."(QS. al-Anbiya: 83)

Kamu juga bisa mengamalkan bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dipanjatkan Nabi Daud a.s.:

Surah Al-Baqarah ayat 250

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati berikut dikutip dari Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 250.

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artinya:

"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Surah An-Naml ayat 15

Selanjutnya, bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati dikutip dari Al-Qur'an surah An-Naml ayat 15.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer