Sukses


Tata Cara Tadarus Al-Qur'an yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Tadarus adalah membaca dan mempelajari ayat-ayat Al-Quran yang dilakukan bersama-sama secara bergantian. Tadarus menurut bahasa berarti belajar.

Istilah ini diartikan dan digunakan dengan pengertian khusus, yaitu membaca Al-Quran semata-mata untuk ibadah kepada Allah dan memperoleh pemahaman terhadap ajaran Al-Quran.

Selain itu, tadarus berarti membaca, mempelajari, dan mengaktualisasikan kandungan isi Al-Quran. Hal itu merupakan ibadah yang sangat mulia di sisi Allah Swt.

Tadarus berasal dari asal kata "darasa yadrusu", yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran.

Lalu ketambahan huruf ta' di depannya sehingga menjadi "tadarasa yatadarasu" maka maknanya bertambah menjadi saling belajar, atau mempelajari secara lebih mendalam.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang tadarus, disadur Liputan6, Senin (27/11/2023).

2 dari 3 halaman

Tata Cara Tadarus Al-Qur’an

Tata cara tadarus Al-Qur’an adalah sebagai berikut ini:

1. Berwudu

Tata cara tadarus Al-Qur'an dalam Islam pertama adalah menyucikan diri dengan wudu seperti saat akan melaksanakan ibadah salat. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al Waqiah ayat 77-79, yang berbunyi:

"Dan (ini) sesungguhnya Al-Qur'an yang sangat mulia, dalam Kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan." (QS. Al-Waqiah ayat 77-79)

2. Memohon perlindungan dengan doa

Tata cara tadarus Al-Qur'an yang berikutnya adalah memohon perlindungan dari setan dengan membaca doa. Kamu dapat memulai tadarus Al-Qur'an dengan membaca taawuz.

3. Membaca perlahan

Tata cara tadarus Al-Qur'an lainnya adalah membacanya secara perlahan atau tidak terburu-buru. Hal ini tertuang dalam surah Al-Muzzammil ayat 4 yang berbunyi:

"Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan." (QS. surat Al-Muzzammil ayat 4)

4. Tidak mengeraskan suara

Tata cara tadarus Al-Qur'an berikutnya adalah tidak mengeras suara, yang tujuannya sebagai bentuk ibadah mengingat Sang Illahi. Sebagaimana yang difirman oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an surah Al Araf ayat 205 yang berbunyi:

"Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah."

3 dari 3 halaman

Tata Cara Tadarus Al-Qur’an

5. Memahami maknanya

Tata cara tadarus Al-Qur'an selanjutnya adalah mau memahami maknanya dan bisa menjalankan segala perintah yang diberikan Allah Swt. dalam Al-Qur'an. Sebagaimana yang tertuang dalam surah Al-Ahzab ayat 2 yang berbunyi:

"Dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.."

6. Mampu mengambil ilmunya

Selanjutnya, tata cara tadarus Al-Qur'an adalah mampu mengambil ilmunya. Hal ini ditegaskan Allah Swt. dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 52 yang berbunyi:

"Dan (Al-Qur'an) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia agar mereka diberi peringatan dengannya agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran."

7. Perhatikan dengan benar

Tata cara tadarus Al-Qur'an terakhir yaitu, mampu memperhatikannya dengan benar, terutama ketika mendengar ayat Al-Qur'an sedang dibacakan. Hal ini ditegaskan dalam surah Al-Araf ayat 204 yang berbunyi:

"Dan apabila dibacakan Al-Qur'an maka dengarkanlah dan diamlah agar kamu mendapat rahmat."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Fadila Adelin. Published: 1/3/2023)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer