Sukses


Macam-Macam Unsur Diskusi yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Diskusi adalah bentuk pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat antara dua orang atau lebih. Adapun tujuan diskusi untuk mencari kesepakatan pendapat.

Namun, tidak semua kegiatan yang bertukar pikiran bisa disebut diskusi. Diskusi dilakukan jika ada permasalahan yang hendak dicari solusinya. 

Dengan saling bertukar pikiran, orang yang berdiskusi akan mempunyai pandangan yang sama. Selain untuk mendapat kesamaan pemahaman atas gagasan yang dibicarakan, diskusi bisa menambah wawasan dan pengalaman.

Diskusi juga bisa diartikan sebagai proses belajar. Proses belajar dalam sebuah diskusi pada organisasi dapat membuat seseorang mengubah perilakunya.

Dalam sebuah diskusi terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan. Apa saja unsur-unsur diskusi tersebut?

Berikut macam-macam unsur dalam diskusi, dilansir dari laman umj.ac.id dan blog.pintarnya, Selasa (28/11/2023).

2 dari 3 halaman

Unsur Diskusi yang Perlu Diketahui

1. Moderator

Moderator adalah orang yang memandu jalannya sebuah diskusi. Moderator memiliki beberapa tugas seperti mengatur, memandu, dan mengawasi jalannya sebuah diskusi.

Seorang moderator harus dapat memandu jalannya sebuah diskusi untuk dapat berjalan dengan baik, serta memastikan jalannya diskusi tersebut sesuai topik yang akan dibahas dalam keadaan tetap kondusif.

2. Panelis

Panelis juga sering dikatakan sebagai narasumber, yaitu seseorang yang bertugas membawakan materi diskusi yang akan dibahas.

Tugas dari panelis antara lain untuk menyampaikan masalah dan juga solusi dari diskusi tersebut. Panelis atau narasumber juga harus siap untuk menjawab segala pertanyaan yang kemungkinan akan dipertanyakan oleh para anggota diskusi.

Jadi, untuk menjadi seorang panelis harus memiliki pemahaman tentang topik diskusi yang akan dibahas.

3. Notulis

Dalam sebuah forum diskusi harus ada seseorang yang bertugas sebagai notulis atau hasil catatan dari bertukar pendapat tersebut.

Untuk menjadi notulis, seseorang harus mendengarkan dengan baik jalannya diskusi. Notulis juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk bisa meringkas ide atau gagasan yang dikeluarkan oleh para anggota diskusi.

3 dari 3 halaman

Unsur Diskusi yang Perlu Diketahui

4. Peserta Diskusi

Bisa dikatakan sebagai diskusi apabila kegiatan tersebut terdapat peserta yang mengikuti jalannya diskusi tersebut. Jadi, diskusi tidak bisa dijalankan tanpa adanya peserta yang mengikutinya.

Peserta diskusi tidak hanya sekadar mendengarkan saja, tetapi juga harus ikut aktif dalam jalannya kegiatan tersebut. Selain itu, peserta diskusi juga harus bisa menyampaikan ide atau gagasan yang lainnya.

5. Materi Diskusi

Materi harus dipersiapkan oleh semua orang yang terlibat dalam jalannya sebuah diskusi. Orang yang terlibat dalam sebuah diskusi harus menyiapkan materi terlebih dahulu. Materi yang dipersiapkan juga harus sesuai topik yang akan dibahas.

6. Fasilitas

Unsur terakhir dari sebuah diskusi adalah fasilitas yang menunjang kegiatan tersebut. Diskusi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu offline dan online.

Jika, diskusi dilakukan secara offline, beberapa fasilitas yang harus disiapkan adalah tempat, meja, kursi, kertas, pulpen dan yang lainnya. Sementara, jika diskusi dilakukan secara online maka fasilitas yang digunakan seperti Zoom atau Google Meet.

 

Sumber: umj.ac.id, blog.pintarnya

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer