Sukses


Bacaan Doa Kehilangan Uang Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Kehilangan uang atau harta yang dimiliki sering kali menjadi ujian berat yang dihadapi banyak orang. Kondisi ini bisa menimbulkan kegelisahan, kecemasan, dan kekhawatiran yang mendalam.

Doa merupakan satu di antara bentuk usaha spiritual yang kuat dalam memohon pertolongan dan kekuatan dari Sang Pencipta dalam menghadapi cobaan kehidupan, termasuk ketika mengalami kehilangan uang.

Melalui doa dapat memberikan ketenangan pikiran, kekuatan hati, dan kepercayaan bahwa setiap ujian pasti memiliki hikmah di baliknya.

Doa adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, menyampaikan kerinduan, dan memohon bantuan-Nya dalam setiap permasalahan kehidupan, termasuk ketika kehilangan uang atau harta.

Berikut doa saat kehilangan uang menurut agama Islam, disadur dari Dream, Rabu (29/11/2023).

2 dari 3 halaman

Doa Kehilangan Uang

Doa kehilangan uang :

Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana 'abduka khowwaltani hina razaqtanii. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra 'alaihi hina ashobta wa akhodzta. Allahumma anta a'thoita wa anta ashobta. Allahumma la tuhrimni tsawabahu wa la tunsini min kholfihi fi dunyaya wal akhirati innaka 'ala kulli syai-in qodir. Allahumma ana laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhorran wa la naf'an.

Artinya:

"Ya Allah, ia adalah harta dan rezeki-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau memercayaiku ketika Engkau memberi aku rezeki. Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. Ya Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat."

3 dari 3 halaman

Doa Kehilangan Uang

Imam Al-Syaukani dalam kitab Fathul Qadir menyebutkan bahwa Imam Al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan apabila seseorang kehilangan barang (uang) dan mencarinya, sementara ia memohon agar barang tersebut segera dikembalikan oleh Allah maka ia dianjurkan membaca doa berikut ini:

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

Artinya:

"Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah."

Membaca doa ketika uang hilang bertujuan agar kita diberi ketabahan oleh Allah Swt. sambil berharap uang yang hilang bisa kembali. Berikut doa lain yang dapat umat muslim amalkan:

Ya haadiyadl-dlalli wa raddadl dlallati urdud 'alayya dhallati bi 'izzatika wa sulthonika wa innaha min 'athoika wa fadllika.

Artinya:

"Ya Allah, Zat yang memberi petunjuk bagi orang tersesat, yang mengembalikan barang hilang, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu."

 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 21/1/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer