Sukses


Pengertian Perubahan Kimia beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Perubahan kimia adalah suatu proses di mana suatu atau beberapa zat mengalami transformasi yang mengubah identitas kimianya.

Perubahan kimia terjadi karena adanya reaksi kimia. Perubahan kimia menyebabkan penyusunan ulang atom dari suatu zat dan muncul perubahan sifat kimia dan komposisinya.

Dalam perubahan kimia, ikatan antar-atom di dalam molekul dapat pecah dan membentuk ikatan baru, menghasilkan zat baru dengan sifat yang berbeda. Proses ini sering kali disertai dengan perubahan energi, seperti pelepasan atau penyerapan panas.

Perubahan kimia terbagi dalam tiga jenis, yakni perubahan kimia organik, anorganik, dan biokimia.

Melalui pemahaman perubahan kimia, kita dapat menggali lebih dalam mengenai sifat-sifat zat dan proses yang terjadi di tingkat molekuler.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian perubahan kimia. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami ciri-ciri dan contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini ciri-ciri perubahan kimia dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari fatek.umsu.ac.id, Jumat (1/12/2023).

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Perubahan Kimia

Berikut ciri-ciri perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari:

Pembentukan Zat Baru

Perubahan kimia melibatkan pembentukan zat-zat baru dengan sifat-sifat yang berbeda dari zat-zat awal. Struktur molekuler dan komposisi kimia dari zat tersebut dapat berubah secara signifikan.

Perubahan Energi

Perubahan kimia sering kali disertai dengan perubahan energi. Reaksi kimia dapat melepaskan energi dalam bentuk panas (reaksi eksotermik) atau menyerap energi (reaksi endotermik).

Perubahan Warna

Terkadang, perubahan kimia dapat diindikasikan oleh perubahan warna. Warna baru yang muncul atau warna yang hilang setelah reaksi adalah tanda-tanda perubahan kimia.

Pembentukan Gas

Jika reaksi kimia menghasilkan pembentukan gas, ini bisa menjadi tanda perubahan kimia. Gas dapat muncul dalam bentuk gelembung atau dapat berbau dan/atau berwarna khas.

Pembentukan Presipitat

Presipitat adalah endapan padat yang terbentuk dalam larutan setelah reaksi kimia terjadi. Ini adalah tanda bahwa ion-ion dalam larutan telah bereaksi dan membentuk senyawa padat baru.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Perubahan Kimia

Perubahan Bau

Beberapa reaksi kimia dapat menghasilkan perubahan dalam bau zat. Misalnya, roti yang dipanggang, perubahan bau selama pemasakan, dan reaksi fermentasi adalah contoh-contoh perubahan bau akibat reaksi kimia.

Perubahan Rasa

Perubahan kimia juga dapat memengaruhi rasa suatu zat. Misalnya, ketika gula terbakar, itu dapat menghasilkan rasa manis yang berubah menjadi pahit.

Perubahan Fase

Kadang-kadang, perubahan kimia dapat memengaruhi fase suatu zat, seperti dari padat ke cair atau dari cair ke gas. Ini bisa terjadi bersamaan dengan perubahan komposisi kimia.

Perubahan Massa

Massa total zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia tetap konstan, sesuai Hukum Kekekalan Massa. Namun, dalam beberapa reaksi, tampaknya ada perubahan massa karena pembentukan gas atau endapan.

Perubahan Suhu

Perubahan suhu dapat terjadi sebagai akibat dari perubahan kimia. Ini dapat menjadi indikator bahwa reaksi kimia sedang berlangsung, terutama jika perubahan suhu signifikan.

4 dari 4 halaman

Contoh Perubahan Kimia

Contoh Perubahan Kimia Organik

Pematangan Buah

Pematangan buah melibatkan serangkaian perubahan. Buah-buahan terdiri dari etilen. Terjadi peningkatan produksi etilen saat buah rusak atau saat dipetik.

Ini menghasilkan produksi enzim baru yang pada gilirannya bereaksi dengan bahan kimia yang ada pada buah. Jadi, buah mungkin mengalami beberapa perubahan.

Perubahan kimia yang dialami buah membuat buah menjadi lebih berair dan lembut. Lantaran kerusakan klorofil, kulit luar buah berubah warna. Selain itu, aroma terpancar dari buah yang matang.

 

Contoh Perubahan Kimia Senyawa Anorganik

Pembentukan Baja

Pembentukan baja adalah proses yang tidak dapat diubah. Baja dibentuk dengan penambahan beberapa elemen lain dalam jumlah tertentu ke besi, elemen dasarnya adalah karbon.

Hal ini mengakibatkan terbentuknya zat baru sehingga dianggap mengalami perubahan kimia. Sifat zat yang baru terbentuk berbeda dengan sifat besi.

 

Contoh Perubahan Kimia Biokimia

Fotosintesis

Jenis perubahan yang umum termasuk proses yang terlibat dalam fotosintesis, proses di mana karbon dioksida dan air diubah menjadi gula dan oksigen oleh tanaman.

Fotosintesis adalah proses yang terutama digunakan oleh tumbuhan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia.

Ini adalah proses kimia yang terjadi pada tumbuhan. Dalam proses ini, tanaman mengubah air dan karbon dioksida menjadi gula dan oksigen.

 

Sumber: fatek.umsu.ac.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer