Sukses


Apa Itu Revisi? Yuk, Pahami Jenis dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Revisi adalah kegiatan peninjauan untuk perbaikan terhadap sebuah objek. Istilah revisi sering digunakan untuk buku, karya ilmiah, hingga laporan dalam perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian revisi adalah peninjauan (pemeriksaan) kembali untuk perbaikan.

Singkatnya, pengertian revisi adalah sebuah proses peninjauan terhadap hasil kerja untuk dilakukan perbaikan atau pembaruan.

Tujuan utama revisi adalah untuk memperbaiki tulisan dalam buku, karya ilmiah, maupun proposal dalam perusahaan.

Dalam dunia tulis menulis, revisi merupakan suatu tahapan pasca penulisan di mana seseorang meneliti ulang dan mengkaji secara lebih mendalam tentang tulisannya apakah ada kesalahan atau tidak.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang revisi, disadur dari Kapanlagi, Jumat (1/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis Revisi

1. Revisi Teknis

Revisi teknis ini berkaitan dengan isi dari skripsi atau penelitian yang diajukan. Revisi ini terjadi apabila hasil akhir atau kesimpulan yang dibuat kurang memberikan hasil memuaskan.

2. Revisi Non Teknis

Jenis revisi ini melakukan ketepatan tanda baca dan penulisan kata baku yang ada di skripsi atau sebuah penelitian.

3. Revisi Ulang

Jenis revisi yang terakhir yaitu, melakukan pembuatan ulang. Jenis revisi ini cukup serius karena harus mengulang hampir keseluruhan hasil dari tulisan yang dibuat.

3 dari 3 halaman

Tujuan Revisi

Tujuan revisi adalah memperbaiki dengan melakukan perubahan agar menjadi lebih baik. Tiap proses kreatif diberikan umpan balik untuk meningkatkan kualitas dari hasil akhir.

Dengan adanya kegiatan revisi, sebuah karya dapat menunjukkan maksud dan tujuan dengan lebih maksimal. Proses revisi tidak dapat diabaikan. Hal ini karena revisi berguna untuk membuat sebuah karya yang kita buat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira. Published: 21/3/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer