Sukses


Bacaan Doa agar Segara Berangkat Haji ke Tanah Suci

Bola.com, Jakarta - Ibadah haji merupakan satu di antara lima rukun Islam. Bagi mereka yang ingin segera melaksanakannya, doa menjadi satu di antara jalan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kesempatan berangkat haji.

Kehadiran di Tanah Suci, Makkah dan Madinah, untuk ibadah haji merupakan impian dan keinginan yang mendalam bagi setiap umat muslim di dunia.

Bisa berangkat haji merupakan perjalanan spiritual yang paling didambakan umat Islam. Hal itu karena di dalamnya terdapat pahala besar dan pengampunan dosa.

Namun, dalam menunaikan rukun ibadah satu ini seorang muslim membutuhkan waktu persiapan yang lama. Selain itu, umat muslim juga membutuhkan banyak persiapan, mulai dari finansial, fisik, hingga mental.

Kendati demikian, bukan berarti hal tersebut menggugurkan niat untuk menunaikan ibadah haji. Agar harapan itu terwujud, dianjurkan untuk membaca doa setiap saat, terutama setelah salat fardu.

Berikut bacaan doa agar segara berangkat haji ke Tanah Suci, disadur dari Dream, Jumat (1/12/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Segara Berangkat Haji ke Tanah Suci

Syeikh Ahmad Qusyairi dalam kitab Al-Wasilah Al-Hariyyah di Al-Shalawat ala Khairil Bariyyah disebutkan satu di antaranya doa agar segera berangkat haji.

Berikut bacaan doa agar segera berangkat haji yang dapat umat muslim panjatkan, mengiringi usaha materi dan fisik untuk mengunjungi rumah Allah di tanah suci:

Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin shalatan tuballighuna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin halaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa 'afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah selawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

Selain membaca doa segera berangkat haji di atas, masih ada lagi bacaan lain yang menjadi perantara agar umat muslim bisa segera mengunjungi Baitullah.

Bacaan doa ini akan mempermudah usaha seorang muslim dalam berangkat haji. Simak doa agar segera berangkat haji berikut ini:

Allahummar zuqnaa ziyadatan baitikal mu'adzom wa rasulikal mukarom hadzal 'aam wa fii kulli 'aam bi-ahsanil haal

Artinya:

"Ya Allah, Berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rasul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Segara Berangkat Haji ke Tanah Suci

Doa segera berangkat haji juga dapat diambil dari surah Al-Baqarah ayat 128. Dalam ayat itu, Allah mengabadikan doa Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

Doa ini cocok dipanjatkan bagi orang yang ingin haji agar Allah mempermudah urusannya. Berikut ini bacaan doanya:

Rabbana waj’alna muslimaini laka wamin dzurriyyatina ummatan muslimatan laka wa arina manasikana watub ‘alaina innaka antat-tauwwabur rahim

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Nanang Fahrudin. Publsihed: 14/6/2021)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer