Sukses


Bacaan Doa untuk Umat Islam agar Memiliki Akhlak yang Baik

Bola.com, Jakarta - Setiap langkah kehidupan, bagi umat Islam, adalah perjalanan menuju kesempurnaan akhlak. Akhlak yang baik menjadi pilar utama dalam memperkuat hubungan dengan Allah Swt. dan sesama manusia.

Akhlak baik merujuk pada sikap, perilaku, dan budi pekerti baik yang tercermin dalam interaksi sehari-hari dengan Allah Swt., diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan sekitar.

Akhlak baik dalam Islam tidak hanya mencakup tindakan positif secara lahiriah, tetapi juga memperhatikan keadaan batiniah seseorang.

Selain berusaha mengubah sikap, doa juga memiliki peran penting dalam memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah Swt. dalam mencapai akhlak yang mulia.

Melalui doa, kita dapat mengakui kelemahan kita dan memohon kepada-Nya untuk diberikan bimbingan dan kekuatan dalam meningkatkan akhlak yang lebih baik.

Berikut bacaan doa untuk umat Islam agar memiliki akhlak yang baik, disadur dari Dream, Jumat (8/12/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Umat Islam agar Memiliki Akhlak yang Baik

Dalam Al-Qur'an, ada banyak ayat yang mengandung doa-doa untuk memohon kepada Allah Swt. agar diberikan bimbingan dan pertolongan dalam memperbaiki akhlak. Satu di antara contohnya terdapat dalam surah Al-Qasas ayat 24:

وَإِذَا سَمِعُوا۟ ٱللَّغْوَ أَعْرَضُوا۟ عَنْهُ وَقَالُوا۟ لَنَا أَعْمَـٰلُنَا وَلَكُمْ أَعْمَـٰلُكُمْ سَلَـٰمٌ عَلَيْكُمْ لَا نَبْتَغِى ٱلْجَـٰهِلِينَ

Artinya:

"Dan apabila mereka mendengar perkataan yang sia-sia, mereka menjauhkan diri daripadanya dan berkata: 'Bagi kami perbuatan kami, dan bagimu perbuatanmu. Kesejahteraan atas kamu, kami tidak mencari hubungan dengan orang-orang yang bodoh'."

Di dalamnya terdapat petunjuk agar menjauhkan diri dari percakapan yang tidak bermanfaat dan menjawab dengan penuh kesabaran serta tindakan yang bijaksana.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Umat Islam agar Memiliki Akhlak yang Baik

Nabi Muhammad saw. Diutus untuk Memperbaiki Akhlak 

Perlu diketahui, satu di antara tujuan diutusnya Nabi Muhammad saw. adalah untuk memperbaiki akhlak bangsa Arab pada saat itu. Sebab, ketika itu banyak perilaku menyimpang yang dilakukan, seperti menyembah berhala, mengubur bayi perempuan hidup-hidup, dan lain sebagainya.

Berdasarkan hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah saw. menyebutkan sesuatu yang paling beliau cintai adalah mereka yang paling bagus akhlaknya. Hal ini senada pula dengan hadis dari Abu Hurairah berikut:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Artinya: "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa untuk Umat Islam agar Memiliki Akhlak yang Baik

Doa Memohon Diperbaiki Akhlak 

Umat muslim dapat berusaha memperbaiki akhlak diri sendiri dengan memanjatkan doa yang diajarkan Rasulullah saw. Berikut bunyi doa memohon diperbaiki akhlak:

"Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi-aha. La yashrifu ‘anni sayyi-aha illa anta."

Artinya:

"Ya Allah, bimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 23/2/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer