Sukses


Macam-Macam Cara Jadi Terlihat Fotogenik saat Difoto

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, menjadi fotogenik terasa seperti keajaiban, sementara bagi yang lain, itu adalah hasil dari pemahaman mendalam tentang seni berpose dan berada di depan lensa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, fotogenik adalah wajah dan sikap tubuh yang menghasilkan potret yang menyenangkan.

Pengertian lainnya, fotogenik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tampak menarik atau memesona ketika difoto.

Orang yang fotogenik cenderung muncul lebih baik dalam foto daripada dalam kehidupan sehari-hari, dan hasil fotonya sering kali menangkap pesona atau daya tarik yang mungkin tidak terlihat dalam situasi lain.

Dalam dunia yang makin dipenuhi dengan ketergantungan pada media visual, kemampuan untuk bersinar di dalam foto menjadi makin bernilai.

Perlu ditekankan, kemampuan untuk tampil memukau di depan kamera bukanlah kemampuan bawaan, melainkan seni yang bisa dipelajari.

Ada cara-cara sederhana baik bagi yang telah terbiasa berada di depan kamera maupun sedang mencoba untuk menjadi lebih percaya diri di depan kamera, untuk meningkatkan kemampuan tampil di depan kamera, meningkatkan daya tarik visual, dan menghadirkan diri dengan percaya diri dalam setiap foto yang diambil.

Apa saja caranya? Buat kamu yang ingin terlihat fotogenik ketika difoto, bisa mencermati macam-macam caranya, di bawah ini, Jumat (8/12/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Jadi Terlihat Fotogenik saat Difoto

Menjadi fotogenik tidak selalu berkaitan dengan penampilan fisik yang sempurna. Banyak hal yang dapat membantu kamu terlihat bagus dalam foto.

Ingatlah bahwa kepercayaan diri adalah kunci utama. Makin nyaman kamu dengan diri sendiri, makin fotogenik kamu akan terlihat dalam foto.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi orang yang fotogenik saat difoto:

1. Kenali Posisi dan Sudut Terbaik

Pahami bagaimana cahaya dan sudut berinteraksi dengan wajah dan tubuhmu. Cobalah berbagai posisi dan sudut untuk mengetahui yang paling menguntungkan.

2. Jangan Terlalu Kaku

Jangan tegang saat difoto. Cobalah untuk tetap santai dan alami. Gerakan yang terlalu kaku dapat membuatmu terlihat kaku dan tidak alami.

3. Senyum Secara Alami

Senyum adalah satu di antara kunci utama untuk terlihat fotogenik. Lakukan senyuman alami, hindari senyuman yang terlalu kaku atau terlalu lebar.

4. Latihan Ekspresi Wajah

Latihan ekspresi wajah di depan cermin dapat membantu kamu menemukan ekspresi yang paling menarik dan cocok dengan kepribadianmu.

3 dari 4 halaman

Cara Jadi Terlihat Fotogenik saat Difoto

5. Pahami Makeup yang Sesuai

Jika kamu menggunakan makeup, pahami cara mengaplikasikannya untuk menyoroti fitur terbaikmu. Terkadang, riasan ringan dapat membantu menonjolkan bentuk wajah.

6. Atur Pakaian dengan Bijak

Pilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuhmu dan sesuai dengan situasi pemotretan. Warna dan potongan pakaian dapat berpengaruh besar terhadap bagaimana kamu terlihat di foto.

7. Bermain dengan Rambut

Sentuh rambutmu secara alami atau aturlah dengan cara yang membuatmu merasa percaya diri. Rambut yang diatur dengan baik dapat menambah daya tarik dalam foto.

8. Berlatih Pose

Luangkan waktu untuk berlatih pose di depan kamera atau cermin. Pahami pose mana yang paling menarik dan sesuai dengan bentuk tubuhmu.

4 dari 4 halaman

Cara Jadi Terlihat Fotogenik saat Difoto

9. Fokus pada Mata

Mata adalah jendela jiwa. Fokuskan matamu pada lensa kamera dan hindari menatap ke samping. Ini dapat memberikan kesan bahwa kamu lebih terhubung dengan penonton foto.

10. Jangan Takut untuk Mengeksplorasi

Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan pose dan ekspresi. Terkadang, momen yang tidak terencana dapat menghasilkan foto yang paling alami dan memikat.

11. Gunakan Cahaya dengan Bijak

Pahami cara cahaya memengaruhi penampilanmu. Pilih cahaya yang lembut dan hindari bayangan yang terlalu keras.

12. Post-Processing yang Bijak

Jika kamu menggunakan aplikasi pengeditan foto, gunakan dengan bijak. Hindari pengeditan berlebihan yang dapat membuat wajah terlihat tidak alami.

 

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel cara dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer