Sukses


Cara Membuat Kopi Hitam dengan Racikan dan Rasa yang Pas

Bola.com, Jakarta - Di dunia kopi yang begitu beragam, kemampuan untuk meracik dan menikmati secangkir kopi hitam yang sempurna adalah seni yang tak ternilai.

Kopi hitam yang penuh karakter dan cita rasa bukan hanya minuman, melainkan pengalaman pancaindra yang melibatkan indra penciuman, perasa, dan bahkan suasana hati.

Hanya, banyak orang yang gagal ketika hendak menikmati secangkir kopi hitam yang nikmat. Alih-alih, racikan dan rasanya tidak pas sehingga tak sesuai ekspektasi sendiri.

Nah, jika kamu mengalami situasi serupa, kamu bisa mencermati artikel ini, yang akan membimbing kamu melalui proses pembuatan kopi hitam dengan racikan yang pas, memberikan perhatian khusus pada detail ukuran bahan-bahan untuk mencapai rasa yang optimal.

Dari pilihan biji kopi hingga langkah-langkah penyeduhan yang tepat, yuk eksplorasi cara membuat kopi hitam yang tidak hanya membangkitkan semangat di pagi hari, tetapi juga memanjakan lidah dengan sentuhan cita rasa yang sesuai dengan selera unik masing-masing pencinta kopi.

Berikut cara membuat kopi hitam dengan racikan dan rasa yang pas, Jumat (8/12/2023).

2 dari 3 halaman

Bahan dan Alat

Bahan-Bahan:

1. Biji Kopi

Pilih biji kopi berkualitas tinggi sesuai dengan preferensimu. Sejumlah 2 sendok makan (sekitar 18-20 gram) biji kopi segar adalah ukuran standar untuk secangkir kopi.

2. Air Bersih

Pastikan air yang digunakan bersih dan segar. Sejumlah 1 cangkir (240 ml) air adalah ukuran standar untuk satu sajian kopi hitam.

Alat:

1. Mesin penggiling kopi

Giling biji kopi sesaat sebelum penyeduhan untuk mempertahankan kesegaran dan aroma. Pilih ukuran gilingan yang sesuai dengan metode penyeduhan yang akan kamu gunakan.

2. Alat penyeduh kopi

Pilih alat penyeduhan favoritmu, seperti dripper, French press, atau pour over.

3. Teko atau wadah untuk menyajikan, pastikan wadah penyajian dapat menampung jumlah kopi yang kamu buat.

 

3 dari 3 halaman

Langkah-Langkahnya

1. Pemanasan Air

Panaskan air hingga suhu sekitar 90-96 derajat Celsius. Suhu yang tepat akan memastikan ekstraksi rasa yang optimal.

2. Penggilingan Biji Kopi

Giling biji kopi sesuai kebutuhan penyeduhan. Untuk pour over atau drip brew, gilingan sedang hingga halus lebih disarankan.

3. Penyeduhan Kopi

- Pour Over: Basahi filter kertas dan tambahkan biji kopi ke dripper. Tuangkan air secara perlahan dengan gerakan melingkar, memastikan kopi terendam dengan merata.

- French Press: Campurkan biji kopi dan air panas dalam French press. Biarkan selama sekitar 4 menit, tekan perlahan tuas filter untuk memisahkan ampas dari kopi.

- Drip Brew: Ikuti petunjuk penggunaan alat drip brew-mu.

4. Perbandingan Biji Kopi dan Air

Secara umum, perbandingan ideal adalah 1 hingga 2 sendok makan biji kopi per 1 cangkir air. Sesuaikan sesuai preferensi kekuatan kopimu.

5. Waktu Penyeduhan

Waktu penyeduhan dapat bervariasi tergantung pada metode dan alat yang digunakan. Misalnya, untuk pour over, penyeduhan optimal biasanya memakan waktu sekitar 2-4 menit.

6. Pengaturan Rasa

  • Jika kamu menginginkan kopi hitam tanpa tambahan, saring langsung hasil penyeduhan.
  • Jika suka rasa manis, tambahkan gula atau pemanis lainnya sesuai selera.
  • Untuk kelembutan tambahan, tambahkan susu atau krim. Sesuaikan jumlahnya sesuai selera.

7. Nikmati Kopimu

Setelah proses penyeduhan selesai, tuangkan kopi ke dalam cangkir atau gelas favoritmu. Nikmati aroma harum dan cita rasa kopi hitam yang segar dan lezat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menyesuaikan proporsi sesuai selera, kamu dapat menciptakan secangkir kopi hitam yang sempurna dengan racikan dan rasa yang pas. Selamat menikmati!

 

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel cara dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer