Sukses


10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

Bola.com, Jakarta - Bawang putih merupakan satu di antara jenis bumbu dapur yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Bawang putih telah dikenal sejak zaman kuno karena potensi khasiatnya untuk kesehatan.

Tidak hanya digunakan dalam memasak, bawang putih juga telah menjadi fokus penelitian yang menarik karena manfaat kesehatannya yang beragam.

Satu di antara kelompok yang dapat merasakan manfaatnya adalah pria. Di balik kelezatan dan aroma yang kuat, bawang putih menyimpan sejumlah keuntungan yang mungkin dapat meningkatkan kesejahteraan pria dalam aspek kesehatan yang berbeda.

Ada berbagai manfaat bawang putih khususnya untuk pria, dari kesehatan jantung hingga potensi dukungannya terhadap kesuburan pria. Tak hanya itu, manfaat bawang putih untuk pria bisa menjaga tubuh agar tetap bugar.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi positif bawang putih bagi kesehatan pria, diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat dan merangsang kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat.

Berikut ini manfaat bawang putih untuk pria yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Sabtu (9/12/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Suplemen bawang putih dipercaya dapat menurunkan LDL hingga 10-15 persen.

Selain itu, mengonsumsi bawang putih tidak akan memberikan efek yang signifikan terhadap kadar trigliserida sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan dalam bawang putih dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan, seperti asma. Pasalnya, asma merupakan satu di antara penyakit yang disebabkan oleh peradangan.

Berdasarkan The American Journal of Chinese Medicine, ekstrak bawang putih dilaporkan memiliki sifat anti-asma sehingga bisa mengatasi peradangan yang terjadi di saluran pernapasan.

Hanya, penelitian ini baru dilakukan terhadap hewan sehingga dibutuhkan penelitian lanjutan terkait manfaat bawang putih untuk asma pada manusia.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

3. Menjaga Kebugaran Tubuh

Kandungan vitamin B1 dan Allicin yang ada di dalam bawang putih berperan dalam aktivitas otot, membantu menghilangkan kelelahan, serta meningkatkan kesehatan fisik pria.

Tak heran, penggunaan bawang putih dapat membantu pria menjadi lebih kuat secara fisik. Selain itu, bumbu masakan ini efektif untuk meningkatkan vitalitas pria.

Hanya, penderita diare, penyakit hati, atau sakit mata tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih secara berlebihan. Soalnya, jenis bawang ini akan membuat gejala-gejala tersebut makin parah.

4. Meningkatkan Aliran Darah

Bawang putih dapat membantu meningkatkan aliran darah. Dengan mengonsumsi bawang putih, fungsi pembuluh darah secara keseluruhan akan meningkat. Selain itu, kadar oksida nitrat dapat bertambah.

Oksida nitrat berperan untuk membantu pembuluh darah agar melebar sehingga darah mengalir dengan lebih baik. Hal ini bisa mengoptimalkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

5. Mencegah Disfungsi Ereksi

Seorang pria bisa mengalami disfungsi ereksi ketika mengalami gangguan peredaran darah ke penis. Untungnya, satu di antara khasiat bawang putih untuk pria adalah dapat mencegah disfungsi ereksi atau ketakmampuan untuk mempertahankan ereksi saat berhubungan intim.

Di dalam bawang putih terdapat kandungan yang bisa merangsang produksi nitrat oksida yang berfungsi sebagai vasodilator yang membantu meningkatkan aliran darah ke penis.

6. Meningkatkan Kesuburan Pria

Beberapa orang menduga bahwa terdapat manfaat bawang putih untuk sperma sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa s-allyl cysteine, yang dapat meningkatkan hormon testosteron untuk memproduksi sperma.

Hanya, penelitian ini baru diuji terhadap hewan sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

 7. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Kandungan yang ada di dalam bawang putih sangat beragam, dari potassium, seng, selenium, mangan, magnesium, vitamin C, vitamin B6, hingga zat besi. Ajaibnya, kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik pada tubuh.

Vitamin B6 dan magnesium berperan meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini dapat membuat pria memiliki suasana hati dan pikiran yang lebih baik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Pria

8. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Antioksidan yang ada di dalam bawang putih berperan untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis. Selain itu, kandungan tersebut dapat melawan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa yang berkaitan dengan penyebab penuaan dan stres oksidatif.

Saat seorang pria makan bawang putih, tanaman ini dapat membantunya untuk mengurangi sekaligus menghalangi pembentukan radikal bebas, meningkatkan jumlah sperma, serta mengoptimalkan fungsi ereksi.

9. Mengatasi Kapalan

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih dapat membantu mengatasi penyakit kulit, seperti kapalan.

Tanaman ini akan mempercepat penyembuhan kapalan di tangan dengan melawan infeksi jamur dan bakteri sehingga akan mengobati kapalan dari akarnya.

Bila tertarik untuk mencobanya, kamu hanya perlu mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke area yang terkena kapalan.

 10. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, sehingga dapat memberikan perlindungan tambahan bagi kesehatan pria.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/3/2023)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer