Sukses


Juara Livoli Divisi Utama 2023, Petrokimia Gresik Akhiri Penantian Selama 18 Tahun

Bola.com, Kediri - Tim putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia berhasil menjuarai Livoli Divisi Utama 2023, setelah mengalahkan TNI AU. Bagi Petrokimia Gresik, pencapaian itu membuat mereka menyudahi penantian selama 18 tahun untuk menjadi juara.

Menjalani pertandingan di GOR Joyoboyo, Kediri, Sabtu (9/12/2023) malam WIB, Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia berhasil mengalahkan TNI AU dengan skor 3-0 (25-21, 25-23, 25-16).

Kemenangan Mediol Stiovanny Yoku dkk. sekaligus menjadi pembalasan dari dua kekalahan yang dialami pada dua putaran final four Livoli Divisi Utama 2023, yakni pada putaran pertama dan kedua babak empat besar.

Ini menjadi titel juara kedua yang diraih Petrokimia, setelah gelar pertama direbut pada 2005 atau 18 tahun silam.

Prestasi tersebut semakin lengkap dengan terpilihnya spiker andalan Petrokimia Gresik, Putri Nur Hidayati Agustin, sebagai Pemain Masa Depan Livoli Divisi Utama 2023. Putri pun menerima piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Sebagai juara, Petrokimia berhak memperoleh piala dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 50 juta, sedangkan TNI AU mendapatkan piala dan hadiah uang pembinaan Rp 30 juta.

Peringkat ketiga ditempati tim putri TNI AL yang menundukkan Popsivo Polwan dengan skor (25-23, 22-25, 25-20, 25-17) pada laga sebelumnya.

 

2 dari 3 halaman

Kunci Kemenangan Petrokimia Gresik

Mediol Stiovanny Yoku menjadi motor serangan bagi Petrokimia dengan menyumbangkan 14 poin dan Sheilla Bernadetta mengemas 11 poin, termasuk enam dari blok. Adapun dari kubu TNI AU, Hani Budiarti menjadi pengumpul angka terbanyak dengan 16 poin.

"Kunci kemenangan malam ini, anak-anak bisa bermain lepas. Kami juga belajar dari dua kekalahan sebelumnya dengan memperbaiki receive dan blok," kata pelatih Petrokimia, Pedro Lilipali kepada wartawan usai laga.

Pedro mengakui anak asuhnya sempat gugup menjelang pertandingan. Namun, dirinya terus memberi motivasi agar tetap fokus pada pertandingan dan melupakan kekalahan sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Kurang Maksimal

Sementara itu, tim putri TNI AU tampil di bawah performa. Kondisi tersebut tak lepas dari sejumlah pemain yang tidak dalam kondisi fit.

"Tim kami tidak bisa bermain maksimal karena banyak pemain yang kondisinya tidak fit dan cedera karena jadwal pertandingan yang padat," kata manajer tim TNI AU, Fristo Linuh, yang mengonfirmasi ada 12 orang pemainnya yang sempat dibawa ke rumah sakit.

Laga final putra akan berlangsung antara LavAni dan BIN Pasundan, Minggu (10/12/2023) jam 19.00 WIB. Adapun sebelumnya, pukul 16.00 WIB akan ada perebutan peringkat ketiga antara juara bertahan Indomaret versus PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

Video Populer

Foto Populer