Sukses


Jelang BWF World Tour Finals 2023, Tim Indonesia Fokus Adaptasi saat Jalani Latihan Pertama

Bola.com, Hangzhou - Tim bulutangkis Indonesia menggelar latihan pertama di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Senin (11/12/2023) pagi. Tim Indonesia langsung berlatih sehari setelah tiba di Hangzhou pada Minggu (10/12/2023), untuk mengikuti BWF World Tour Finals 2023.

Latihan pertama tim Indonesia jelang BWF World Tour Finals 2023 dibagi menjadi dua sesi, yaitu latihan di lapangan pertandingan selama 60 menit dan latihan di lapangan latihan selama 60 menit.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rionny Mainaky, mengaku sangat senang karena tim Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk menjajal lapangan pertandingan, sehingga itu bisa menjadi adaptasi yang bagus untuk tampil di BWF World Tour Finals 2023.

"Hari ini kami langsung dapat kesempatan mencoba lapangan pertandingan. Ada 60 menit dan anak-anak dalam kondisi fit," ungkap Rionny.

"Latihan cukup bagus, adaptasi juga minim kendala walaupun lapangan cukup berbeda, karena karpetnya berwarna merah. Selain itu, kondisi shuttlecock juga menjadi fokus penyesuaian," lanjut Kabid Binpres PBSI itu.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mematangkan Pukulan

Kakak kandung dari Rexy Mainaky ini pun tidak segan turun ke lapangan untuk mengasah kemampuan Bagas Maulana dkk. Tujuannya adalah mematangkan lagi performa tim bulutangkis Indonesia jelang turun di BWF World Tour Finals 2023.

"Tadi saya juga ada sedikit drill-drill untuk mereka. Mengasah dan mematangkan lagi pukulan-pukulan," sahut Rionny.

"Pesan saya yang terpenting adalah menjaga kesehatan. Cuaca di sini sedang hujan dan dingin, jadi jangan sampai terkena flu dan sebagainya," harap Rionny.

Sementara pelatih tunggal putra, Irwansyah, menyampaikan kondisi Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dalam keadaan prima.

"Kondisi lapangan sangat bagus, besar dan pas untuk pertandingan ini," ujar Irwansyah.

"Anak-anak dalam keadaan prima, semua yang sudah disiapkan di Jakarta hari ini coba dikembalikan, feeling pukulan, adaptasi dan lain-lain. Jadi tadi banyak simulasi game," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Kendala

Senada dengan Irwansyah, Anthony Sinisuka Ginting mengatakan tidak ada kendala berarti saat uji coba lapangan.

"Baru selesai latihan pertama, sejauh ini oke, tidak ada kendala, tapi terus melakukan adaptasi. Besok ada kesempatan satu kali lagi mencoba lapangan, jadi semoga bisa lebih baik sambil melihat ada perubahan atau tidak sebelum ke partai pertama nanti," ucap Ginting.

Ginting yang di edisi tahun lalu sukses menembus pertandingan puncak BWF World Tour Finals 2023, bertekad kembali memperbaiki performa.

"Setiap pemain punya harapan dan peluang yang sama. Jadi seperti biasanya, saya ingin fokus ke diri saya sendiri untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ingin memperbaiki performa dari turnamen-turnamen sebelumnya," pungkas Ginting.

BWF World Tour Finals 2023 bergulir 13-17 Desember 2023. Pengundian babak grup dilaksanakan Senin (11/12/2023) malam setelah acara gala dinner.

Video Populer

Foto Populer