Sukses


Bacaan Doa Mustajab untuk Menenangkan Hati saat Diuji Kesedihan

Bola.com, Jakarta - Kehidupan adalah perjalanan yang penuh liku dan ujian, terkadang kita di hadapkan pada situasi-situasi yang menguji ketabahan dan ketenangan hati. Ujian kesedihan sering kali datang secara tiba-tiba dan melanda hati kita dengan derasnya.

Dalam momen kesedihan dan penderitaan, doa adalah senjata spiritual yang sangat kuat untuk menenangkan jiwa yang terluka.

Ketika menghadapi cobaan dan kesedihan, kadang-kadang sulit untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaan atau menenangkan hati yang resah.

Namun, dalam doa, kita menemukan kedamaian yang melebihi kata-kata biasa, menyatukan kita dengan Yang Maha Kuasa, dan memberikan kekuatan yang diperlukan untuk melewati masa-masa sulit.

Doa-doa ini memiliki kekuatan spiritual yang mampu meredakan beban yang terlalu berat, memberikan ketenangan, dan menguatkan jiwa di tengah badai kesedihan.

Berikut bacaan doa mustajab untuk menenangkan hati saat diuji kesedihan, dikutip dari Dream, Jumat (15/12/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Mustajab untuk Menenangkan Hati saat Diuji Kesedihan

Doa agar Tegar

Saat sedang mengalami kesedihan, terkadang kita harus bisa mengendalikan diri di hadapan sebagian orang. Di mana kita harus bersikap kuat dan tegar, meski sebenarnya di dalam hati merasakan sedih yang amat dalam.

Hal seperti itu tentu tidak mudah. Namun, jika apa yang ingin kita lakukan karena tidak ingin orang lain melihat kesedihan kita, merasa kasihan dengan kita, dan ingin menunjukkan bahwa kita bisa bertahan dalam kondisi tersebut, sebaiknya iringilah dengan doa karena hanya Allah Swt. yang akan memberikan kekuatan dan ketegaran itu.

Berikut bacaannya dalam surah Al-Baqarah ayat 250:

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa 'alal qaumil kafirin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 250)

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Mustajab untuk Menenangkan Hati saat Diuji Kesedihan

Doa saat Menghadapi Masalah yang Sulit

Masalah bisa hadir kapan saja. Ada yang ringan hingga yang paling berat. Namun, ketika masalah tersebut datang, hendaknya kamu tetap menghadapinya.

Selain berikhtiar menemukan solusi, iringi juga dengan doa agar pertolongan dan kemudahan Allah Swt. didatangkan kepadamu.

Berikut adalah bacaan doa saat menghadapi masalah yang sulit sebagaimana tercantum dalam surah Al-Kahfi ayat 10:

Robbanaa aatinaa minladunka rahmataw wahayyi' lanaa min amrinaa Rosyada.

Artinya: "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahfi: 10)

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Mustajab untuk Menenangkan Hati saat Diuji Kesedihan

Doa saat Hati Gelisah dan Merasa Sedih

Ketika kamu sedang merasa gelisah dan sedih, cobalah untuk membaca doa berikut ini agar hati kamu lebih tenang:

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal Husni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Allah, Aku berlindung kepada Engkau dari rasa sedih, dukacita, ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang (jahat)."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Mustajab untuk Menenangkan Hati saat Diuji Kesedihan

Bacaan Doa saat Ditimpa Musibah

Datangnya musibah membuat kehidupan manusia terasa menderita. Kadang, musibah yang hadir membuat manusia harus kehilangan harta hingga nyawa orang-orang tercinta. Hal ini tentu saja meninggalkan luka yang sangat dalam.

Namun, ini adalah ujian dari Allah Swt. yang harus diterima dan dihadapi dengan lapang dada. Insyaallah, di balik musibah itu ada hikmah yang bisa dipetik. Namun, tetaplah bersama-Nya, salah satunya dengan mengamalkan doa berikut:

Allahumma la sahla illa ma ja'altahu sahla, wa anta taj'alul Hasna idza syi'ta sahla.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah." (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Sunni)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Sa'adah. Published: 14/11/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer