Sukses


Tak Kehilangan Sentuhan Setelah 8 Tahun Absen, Atlet Paralimpik M Fadli Raih Prestasi di Ajang Yamaha Sunday Race 2023

Bola.com, Mandalika - M Fadli tak tampak kehilangan sentuhannya setelah absen delapan tahun membalap motor.

Pada event bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (17/12/2023), rider gaek itu langsung meraih juara.

M Fadli tampil pada kelas R25 Comm Pro A dan tergabung bersama Cargloss YSS YROI. Setelah finis ke-8 pada sesi race 1, M Fadli keluar sebagai pemenang pada race 2 dengan catatan total waktu 11 menit 39,530 detik.

M Iqbal yang tak lain adalah adik Fadli juga meraih podium setelah finis di posisi 3 pada race 2 bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Absen 8 Tahun

M Fadli mengalami insiden mengenaskan pada 2015. Ketika sedang melakukan selebrasi selepas finis pertama ajang Asia Road Racing Championship di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, ia ditabrak pembalap Thailand.

Meski selamat dari kemungkinan paling fatal, M Fadli harus kehilangan kaki kirinya karena amputasi.

Menariknya, M Fadli tidak serta merta menyerah. Ia memang vakum dari dunia balap motor, tetapi ia melanjutkan kariernya sebagai atlet paracycling dan meraih prestasi pada Asian Paragames 2017.

 

 

3 dari 4 halaman

Modifikasi Motor

Kembali ke balap motor, tentu banyak hal yang harus disesuaikan, bukan cuma dari fisik dan mental, tetapi juga bentuk motor.

“Ini balapan pertama saya setelah 8 tahun,” kata M Fadli dalam jumpa pers di media center, Minggu (16/12/2023).

“Ada sejumlah modifikasi yang dilakukan terhadap motor yang saya pakai, salah satunya dengan memindahkan over gigi-nya ke kanan,” kata Fadli.

“Motor yang saya gunakan sama sekali baru dan belum pernah digunakan balapan. Mesinnya juga dibangun baru, dan belum tahu seperti apa suspensinya,” katanya.

“Tapi karena memang mindset-nya ingin cepat-cepat bisa, akhirnya ya Alhamudillah,” ujarnya menambahkan.

 

 

4 dari 4 halaman

Kembali Fokus Paralimpik

Setelah ini, Fadli akan kembali menaruh perhatiannya pada persiapan jelang Paralimpik di Paris tahun depan.

Fadli berujar persiapan selalu dilakukannya dengan cara rutin bersepeda tiap akhir pekan. “Berlatih tiap Sabtu-Minggu bukan cuma buat saya, tetapi juga bagaimana saya mengobati rindu.”

Rencananya, Fadli akan bergabung dengan Pelatnas Paracycling pada Januari 2024. Ia juga berkesempatan untuk tampil pada Asian Paragames 2025.

Video Populer

Foto Populer