Sukses


8 Cara Mengatasi Telinga Tersumbat yang Ampuh

Bola.com, Jakarta - Terkadang, masalah telinga tersumbat dapat menjadi pengalaman menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dari perubahan ketinggian saat bepergian hingga penumpukan kotoran telinga, ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan telinga tersumbat.

Tidak hanya menyebabkan ketaknyamanan fisik, tetapi juga bisa memengaruhi pendengaran dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada berbagai cara terbaik dalam mengatasi telinga tersumbat.

Dari teknik sederhana seperti meneteskan obat telinga hingga solusi rumah tangga yang terbukti efektif seperti penggunaan minyak zaitun atau air hangat, kita akan membahas cara yang dapat diterapkan dengan mudah di rumah untuk mengatasi masalah telinga tersumbat.

Berikut delapan cara terbaik untuk mengatasi telinga tersumbat, disadur dari Klikdokter, Senin (18/12/2023).

2 dari 6 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

1. Metode Manuver Valsava

Manuver Valsava adalah metode untuk membantu membuka tuba eustachius yang tersumbat. Cara menghilangkan telinga tersumbat ini dilakukan dengan menutup hidung dan mengeluarkan napas melalui hidung.

Untuk melakukannya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu, apit hidung dengan dua jari. Kemudian, embuskan napas melalui hidung dengan lembut. 

Teknik ini dapat menciptakan tekanan yang cukup guna membuka sumbatan telinga. Namun, agar tidak merusak gendang telinga, jangan embuskan udara udara terlalu keras. 

Manuver Valsava hanya bermanfaat membantu mengatasi telinga tersumbat akibat perubahan tekanan udara. Teknik ini tidak bisa mengatasi telinga tersumbat akibat cairan berlebih dalam organ pendengaran.

3 dari 6 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

2. Membersihkan Telinga dengan Minyak

Cara membersihkan telinga tersumbat bisa menggunakan minyak esensial, seperti minyak zaitun, kayu putih, peppermint, ataupun baby oil. Diduga, minyak esensial bisa berperan sebagai antibiotik, antiseptik, dan antiperadangan.

Cara menggunakan minyak esensial, yaitu hangatkan 2-3 sendok makan minyak. Periksa panas minyak terlebih dahulu pakai tangan atau pergelangan tangan. Pastikan suhunya aman, tidak mengiritasi kulit, maupun bagian dalam telinga.

Setelah suhu minyak dirasa cukup aman untuk digunakan, ambil pipet lalu teteskan minyak ke telinga. Miringkan kepala selama 10 hingga 15 detik. Lakukan ini beberapa kali setiap hari hingga lima hari sampai telinga yang tersumbat terasa lebih baik.

4 dari 6 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

3. Obat Tetes Telinga

Cara lain untuk mengatasi telinga tersumbat sebelah atau keduanya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Obat tetes telinga dapat membersihkan kotoran telinga dan mencegah terjadinya infeksi telinga.

Kamu dapat membeli obat tetes telinga di apotek tanpa resep dokter. Gunakan tetes telinga sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan. Pakailah obat hingga keluhan telinga tersumbat berkurang.

Satu di antara obat tetes telinga yang dijual bebas dan tersedia di apotek adalah Debrox. Debrox dapat membantu menghilangkan penumpukan kotoran telinga berlebih.

4. Obat Oral untuk Telinga Tersumbat

Cara menyembuhkan telinga tersumbat bisa menggunakan obat yang dibeli di apotek. Obat hanya digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat akibat sinusitis, pilek, atau alergi. 

Pengobatan yang digunakan bisa pakai obat flu atau sinus yang mengandung dekongestan. Kamu juga bisa minum antihistamin untuk mengatasi masalah telinga tersumbat.

5 dari 6 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

5. Gunakan Jari untuk Membersihkan Telinga

Jika kamu merasa telinga tertutup sebelah kanan atau sebaliknya, hal ini bisa disebabkan adanya penumpukan cairan di saluran telinga. Penumpukan cairan di telinga dapat terjadi akibat influenza maupun sinusitis. 

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat memasukkan jari telunjuk ke telinga yang sakit. Lakukan pijatan lembut ke telinga yang tersumbat dengan gerakkan jari ke atas dan ke bawah. Teknik ini membantu menghilangkan cairan yang terperangkap. Pastikan kamu telah mencuci tangan sebelumnya.

Kamu juga bisa menggunakan pengering rambut dengan panas rendah yang diletakkan beberapa sentimeter dari telinga. Cara ini bisa membantu mengeringkan cairan di telinga.

6. Metode Uap

Terapi uap juga bermanfaat untuk membantu telinga yang tersumbat. Cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan waslap hangat di telinga serta mandi atau berendam menggunakan air panas.

Lakukan terapi uap selama 10 hingga 15 menit. Uap dari air panas dapat membantu mencairkan lendir di telinga. 

6 dari 6 halaman

Cara Terbaik untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

7. Berkumur Air Garam

Untuk dapat mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek kamu dapat mencobanya dengan berkumur air garam. Cara mengobati telinga tersumbat ini dapat membantu mengurangi lendir di hidung dan telinga.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencampurkan sedikit garam ke dalam air. Kemudian, berkumurlah dengan air garam selama beberapa detik lalu ludahkan.

8. Gunakan Hidrogen Peroksida atau Karbamid Peroksida Otic

Hidrogen peroksida atau karbamid peroksida otic dapat digunakan sebagai obat telinga tersumbat.

Campurkan jenis peroksida tersebut dengan air hangat dalam mangkuk terlebih dahulu. Kemudian, gunakan peroksida untuk mengatasi telinga tersumbat seperti menggunakan minyak esensial. 

 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Penulis: Tri Yuniwati. Published: 18/9/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer