Sukses


Doa ketika Ada Gempa Kecil agar Diberi Keselamatan

Bola.com, Jakarta - Ketika bumi berguncang dan ketakutan melanda, manusia sering kali merasa terbatas dalam menghadapi kekuatan alam yang luar biasa seperti gempa bumi.

Gempa kecil memang tidak selalu menimbulkan kerusakan besar, tetap bisa memunculkan kekhawatiran akan keselamatan diri dan orang-orang tercinta.

Namun, dalam keheningan dan kecemasan saat gempa bumi, doa menjadi sumber kekuatan spiritual yang memberi penghiburan.

Dalam situasi genting ini, doa menjadi tonggak kekuatan bagi individu atau masyarakat untuk memohon perlindungan, ketenangan, dan keselamatan dari ancaman gempa bumi.

Doa-doa ini tidak hanya merupakan ungkapan harapan akan keselamatan, tetapi juga menawarkan ketenangan spiritual yang mampu menguatkan hati di tengah ketakutan dan kecemasan.

Berikut doa ketika ada gempa kecil agar diberi keselamatan, disadur dari Dream, Selasa (19/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Doa ketika Ada Gempa Kecil agar Diberi Keselamatan

Doa ketika Ada Gempa Kecil

Saat terjadi gempa, umat Islam dianjurkan untuk berdoa dengan doa tertentu yang mengandung permohonan perlindungan dan keselamatan dari Allah Swt. Doa yang sering dibaca dalam Islam ketika terjadi gempa adalah:

اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلَا تَجْعَلْهَا عَذَابًا لِّنَا

Allahumma ij'alha rahmatan wa la taj'alha 'adhaban lana.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah gempa ini rahmat bagiku dan janganlah Engkau jadikan gempa ini sebagai siksaan bagi kami."

Doa ini menekankan permohonan agar gempa yang terjadi diubah menjadi rahmat dari Allah dan tidak dijadikan sebagai azab atau siksaan bagi umat-Nya. Dengan berdoa, umat Islam berharap untuk mendapatkan perlindungan, keselamatan, dan ampunan di tengah kejadian yang mengancam keselamatan ini.

3 dari 4 halaman

Doa ketika Ada Gempa Kecil agar Diberi Keselamatan

Doa ketika Ada Gempa Kecil

Ketika kamu merasakan ada gempa kecil, maka panjatkan doa berikut ini:

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ   

Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri maa fiha wa syarri ma arsalta bihi

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” 

4 dari 4 halaman

Doa ketika Ada Gempa Kecil agar Diberi Keselamatan

Doa untuk Korban Gempa

Tak jarang kejadian gempa bumi memakan korban. Sebagai sesame manusia, kita dianjurkan untuk saling membantu dan mendoakan kepada orang yang terkena musibah. Kamu dapat membaca doa untuk korban gempa bumi sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah saw. dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut ini:

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha

Artinya:

“Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.” 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 10/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer