Sukses


8 Hadis tentang Amanah yang Bisa Jadi Panduan

Bola.com, Jakarta - Amanah dalam ajaran Islam merujuk pada konsep kepercayaan, kejujuran, dan kewajiban untuk memenuhi tanggung jawab.

Beberapa aspek penting amanah dalam Islam melibatkan kepercayaan, kejujuran, dan pemenuhan kewajiban kepada Allah Swt.

Di samping itu, amanah mencakup berbagai aspek kehidupan, termasuk menjalani hubungan sosial, bisnis, kepemimpinan, dan keseharian.

Konsep amanah sangat dihargai dan dijunjung tinggi lantaran amanah merupakan nilai moral dan etika yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam.

"Dan jika kamu berada di jalan (dan tidak menulisnya) maka hendaklah kamu menyerahkan apa yang ada padamu (utang) ketika kamu sudah kembali; dan hendaklah kamu berpegang teguh kepada perjanjian itu. Sesungguhnya perjanjian itu akan diminta pertanggungjawabannya." (QS. Al Baqarah: 283)

Di samping itu, terdapat banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang menjelaskan mengenai amanah.

Berikut delapan hadis tentang amanah yang bisa jadi panduan umat muslim, Rabu (20/12/2023)

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Amanah

Hadis tentang Amanah (1)

"Percayalah setiap amanah kepada yang memberinya, dan kembalikanlah amanah kepada yang menitipkannya kepadamu." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Amanah (2)

"Barang siapa yang tidak amanah maka tidak ada kebaikan baginya. Barang siapa tidak berjanji maka tidak ada ke-Islamannya baginya." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Amanah (3)

"Tanda-tanda munafik itu ada tiga, yaitu: apabila ia berbicara, ia berdusta; apabila ia berjanji, ia ingkar; apabila ia diberi amanah, ia khianat." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Amanah

Hadis tentang Amanah (4)

"Seorang pemimpin (imam) itu adalah pengurus dan bertanggung jawab atas rakyat yang di bawah pemerintahannya. Seorang laki-laki adalah pengurus dan bertanggung jawab atas keluarganya. Seorang wanita adalah pengurus dan bertanggung jawab atas rumah suaminya dan anak-anaknya. Dan seorang hamba (pelayan) adalah pengurus dan bertanggung jawab atas harta tuannya. Maka setiap orang dari kalian adalah seorang pengurus dan bertanggung jawab atas apa yang diamanahkan kepadanya." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Amanah (5)

"Barang siapa yang tidak amanah maka tidak ada kebaikan baginya. Barang siapa yang tidak memiliki rasa amanah maka tidak ada agama baginya. Barang siapa yang tidak memegang janjinya maka tidak ada keimanan baginya." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Amanah

Hadis tentang Amanah (6)

"Barang siapa yang mempunyai empat sifat ini, dia adalah munafik murni, dan barang siapa yang memiliki satu dari sifat-sifat tersebut, dia memiliki bagian dari nifaq (hipokrit): bila dia dipercayakan, dia berkhianat; bila dia berbicara, dia berdusta; bila dia berjanji, dia ingkar; dan bila dia berselisih, dia berlaku fasik." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Amanah (7)

"Amal perbuatan kalian tidak akan membuat kalian masuk surga dan tidak akan menyelamatkan kalian dari neraka kecuali amanah, dan tidaklah amanah kecuali dari takwa. Dan tidaklah seseorang melalaikan sesuatu perkara melainkan akan ditimpa olehnya." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Amanah (8)

"Amanah itu turun di hati, kemudian dijaga oleh malaikat. Jika dia berkhianat, akan berlubang, dan jika dia membohongi akan robek, lalu dia diletakkan di hati maka tertulah (terpencar) seperti benih yang ditaburkan, kemudian Allah menumbuhkannya di mana saja Dia kehendaki." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer