Sukses


Bacaan Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan yang penuh dengan ketakpastian, doa menjadi jalan untuk mencari kekuatan, perlindungan, dan harapan akan umur yang panjang dan berkah dari Yang Maha Kuasa.

Berdoa adalah cara untuk berkomunikasi dengan Tuhan, di mana dalam proses ini, doa dibaca dengan berbagai tujuan yang sangat personal, seperti memohon rezeki yang berlimpah, kesehatan, keselamatan, dan hal-hal lainnya.

Selain upaya materi, setiap individu yang beragama sebaiknya juga melakukan usaha spiritual dengan cara berdoa.

Satu di antaranya adalah dengan meminta umur yang panjang bagi diri sendiri maupun keluarga.

Doa panjang umur adalah bentuk dari doa perlindungan dan rahmat yang diharapkan akan melimpah pada diri kita dan orang-orang yang kita cintai

Waktu sesudah salat diyakini sebagai waktu yang paling baik untuk berdoa. Oleh karena itu, manfaatkan waktu ini untuk memohon umur yang panjang bagi diri sendiri dan keluarga.

Berikut bacaan doa panjang umur untuk diri sendiri dan keluarga, dari Dream, Rabu (20/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Keluarga

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ 

Allahumma thowwil ‘umurona wa shohhih ajsadana, wa nawwir qulubana, wa tsabbit imanana wa ahsin a’malana, wa wassi’ arzaqona wa ilal khairi qorribna wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya : “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Doa untuk Memohon Umur yang Panjang

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fi ad-dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina 'adhaban-nar.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa ini tidak secara khusus memohon umur yang panjang, tetapi umumnya memohon keselamatan, keberkahan, dan kebaikan di dunia dan akhirat dari Allah Swt. Dalam banyak keyakinan Islam, meminta kebaikan secara umum dianggap sebagai cara untuk memohon umur yang panjang dan diberkati di dunia maupun di akhirat kelak.

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Doa panjang umur untuk diri sendiri dan keluarga terkesan seperti doa yang sifatnya duniawi. Namun, Rasulullah saw. membolehkan berdoa kepada Allah untuk meminta banyak harta, umur panjang, dan banyak anak.

Namun, yang penting adalah doa umur panjang dan rezeki berlimpah dipanjatkan demi mendapat keberkahan. Sebanyak apapun hartanya, sepanjang apapun umurnya, jika tidak berkah maka rasanya hampa.  

Doa mohon diberi umur yang panjang dimaksudkan supaya kita bisa menambah kebaikan dan manfaat dari hidup yang dijalani.

Manusia yang paling baik adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya. Sementara manusia paling hina adalah yang panjang umurnya namun jelek amalnya.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 30/8/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer