Sukses


Bacaan Doa Masuk Area Makam Beserta Adabnya

Bola.com, Jakarta - Saat berada di sekitar tempat pemakaman, setiap muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah Swt. agar dosa-dosa ahli kubur diampuni.

Anjuran yang serupa untuk membaca doa saat memasuki area makam juga penting sebagai bentuk penghormatan kepada ahli kubur.

Doa masuk area makam ini merupakan ajaran dari Rasulullah saw. Beliau menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika melintasi atau memasuki area makam dengan tujuan mendoakan ahli kubur.

Islam mengizinkan praktik berziarah ke makam keluarga atau alim ulama sebagai wujud mendoakan ahli kubur. Aktivitas berziarah atau mengunjungi makam ini sering kali menjadi amalan yang umum dilakukan oleh umat Islam.

Doa masuk area makam tidak hanya dilakukan saat hendak berziarah, tetapi juga saat mengantar jenazah untuk dimakamkan. Bahkan ketika melewati area pemakaman, disarankan untuk membaca doa ini.

Berikut bacaan doa masuk area makam beserta adabnya, disadur dari Dream, Kamis (21/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Masuk Area Makam Beserta Adabnya

1. Doa Masuk Area Makam untuk Ziarah ke Makam Orang Tua

Saat menziarahi makam orang tua, kamu bisa mengirimkan doa-doa untuknya. Satu di antara bacaan doa saat ziarah ke makam orang tua adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Artinya:

"Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah), berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Masuk Area Makam Beserta Adabnya

2. Doa Masuk Area Makam

Umat Islam dianjurkan mendoakan ahli kubur saat melewati pemakaman. Terlebih ketika memasuki area pemakaman, doa masuk area makam sangat dianjurkan untuk dibaca. Berikut bacaan doanya yang perlu kamu amalkan saat masuk area pemakaman:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Assalamu ‘alaikum yaa ahlal qubuuri, yaghfirullaahu lanaa wa lakum, antum salafuna wa nahnu bil atsar.

Artinya:

"Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian. Kamu mendahului kami dan kami pun akan menyusul."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa Masuk Area Makam Beserta Adabnya

3. Doa Masuk Area Makam

Jika kuburan itu kebetulan adalah tempat di mana keluarga atau kerabat dimakamkan, dan kamu ingin menziarahinya maka berikut bacaan doa yang bisa kamu panjatkan:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu'alaikum ahlad-diyaari minal mukminiina wal muslimiin, wa innaa insyaa alloohu bikum laahiquun, nas 'alullooha lanaa wa lakumul 'aafiyah.

Artinya:

"Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insyaallah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Masuk Area Makam Beserta Adabnya

Adab Ziarah Kubur 

Rasulullah saw. telah menganjurkan kepada para peziarah untuk menerapkan adab-adab yang baik ketika ziarah kubur. Berikut penjelasannya:

1. Berwudu sebelum ziarah.

2. Mengucapkan salam ketika memasuki area pemakaman.

3. Menghadap kiblat ketika mendoakan ahli kubur.

4. Membaca surat al-fatihah dan surat-surat pendek.

5. Membacakan surat yasin.

6. Tidak duduk dan menginjak bagian atas kuburan.

7. Tidak melakukan hal-hal yang berlebihan seperti menangis tersedu-sedu.

8. Hindari berkata tidak sopan. 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 30/8/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer