Sukses


Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros dan Lebih Hemat di Tahun 2024

Bola.com, Jakarta - Kehidupan yang lebih hemat tidak hanya membantu mengurangi stres keuangan, tetapi juga memungkinkan kita untuk mencapai tujuan finansial yang lebih besar.

Tahun baru menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kebiasaan keuangan kita. Penting untuk memahami bagaimana mengelola pengeluaran agar tetap sejalan dengan pendapatan yang diperoleh.

Mulai dari membuat anggaran yang realistis, mengatur prioritas pengeluaran, hingga menjaga kedisiplinan dalam pengelolaan uang, semuanya akan menjadi fokus utama.

Menjaga keuangan agar tidak boros dan lebih hemat membutuhkan kesadaran akan pengeluaran, perencanaan yang matang, serta kebijaksanaan dalam mengambil keputusan keuangan.

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan kita lebih stabil dan hemat di tahun 2024?

Berikut cara mengatur keuangan agar tidak boros dan lebih hemat di tahun 2024, disadur dariĀ Fimela, Selasa (26/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros dan Lebih Hemat di Tahun 2024

1. Ubah Kebiasaan Belanja

Cara menghemat uang dengan mudah yangĀ pertama bisa dilakukan, yakni dengan mengubah kebiasaan belanja atau sikap konsumtif yang dimiliki.

Dalam hal ini, kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk keperluan yang tidak perlu. Hentikan kebiasaan buruk merokok, mengurangi konsumsi alkohol, atau mengurangi makan atau membeli minuman di luar.

Dengan begitu, pengeluaran harian dapat dipangkas dan dapat ditabung setelahnya.

2. Catat Seluruh Pengeluaran dan Pemasukan

Luangkan waktu sejenak untuk melacak seluruh pemasukan maupun pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Mungkin hal ini menjadi hal yang cukup merepotkan, tetapi ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mendapatkan gambaran dari kemampuan finansial. Hal ini membuatmu dapat jauh lebih mudah untuk mengarahkan uang yang dimiliki.

Buatlah persentase pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya dengan memprioritaskan hal yang dibutuhkan.

3. Sesuaikan Gaya Hidup

Kamu perlu menciptakan gaya hidup yang juga sesuai kemampuan finansial yang dimiliki. Sebaiknya menyesuaikan gaya hidup dengan tidak berlebihan dan tidak memaksakan diri.

Ambil tiap keputusan keuangan dengan bijak dan fokus pada kebutuhan dan tidak hanya pada keinginan yang bisa menjadi sifat konsumtif. Intinya, apa pun yang dilakukan, pastikan sanggup dan tidak terjebak utang.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros dan Lebih Hemat di Tahun 2024

4. Buka Rekening Tabungan Terpisah

CaraĀ mengatur keuangan yang tidak boleh disepelekan lainnya adalah membuka rekening tabungan secara terpisah.

Buat akun rekening terpisah dengan rekening yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran atau tagihan.

Transfer sebagian penghasilan bulananmu ke rekening tabungan khusus yang telah dibuat. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah kebiasaan konsumtif yang kamu miliki.

Sebaiknya, cari akun atau bank yang dapat memberikan tingkat bunga tinggi dan tanpa biaya. Hal ini dapat menambah pundi-pundi tabungan lebih cepat.

5.Ā Aman secara Finansial dengan Asuransi Kesehatan

Fondasi penting lainnya yang perlu diisi untuk sehat secara finansial adalah keamanan keuangan dengan proteksi yang disediakan oleh asuransi.

Produk asuransi akan memberikan perlindungan terhadap tabungan dan investasi yang kita miliki saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau sakit.

Seperti yang kita ketahui, banyak penyakit tidak terduga yang bisa menguras biaya. Oleh karena itu, asuransi dapat menyiapkan perlindungan diri, sehingga mimpi, tabungan, dan keluarga tidak terganggu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros dan Lebih Hemat di Tahun 2024

6.Ā CariĀ Informasi yang Bermanfaat

Buku, koran, blog, podcast, video YouTube hingga webinar dapat memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan finansial.

Sebaiknya kamu paham mengenai dasar-dasar finansial, seperti jenis investasi, dana darurat, asuransi, dan lainnya.

Ingat, investasi berupa pengetahuan juga penting untuk menggali peluang dan meningkatkan potensi sehingga mengerti akan keuangan diri sendiri. Namun, jangan lupa untuk cari sumber yang kredibel.

7. Tentukan Tujuan Finansial

Ciptakan tujuan finansial untuk membantu termotivasi dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. Tujuan finansial dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam jangka waktu tertentu, misalnya untuk pernikahan atau pendidikan.

Dengan memiliki tujuan finansial, dapat dengan jelas menentukan jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Tujuan tersebut juga memudahkan untuk menentukan bentuk investasi yang tepat, seperti reksadana, obligasi, atau saham.

Ā 

Disadur dari:Ā Fimela.com (Penulis: Anniasa Saktian Putri. Published: 28/12/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklikĀ tautan ini.

Video Populer

Foto Populer