Sukses


9 Hadis tentang Harta yang Bisa Dicermati

Bola.com, Jakarta - Umat muslim dianjurkan untuk menggunakan harta dengan cara yang halal, seperti menunaikan zakat, sedekah, dan menyisihkan bagian untuk kepentingan umum.

Pasalnya, harta di dunia ini adalah amanah dari Allah Swt. Pemilik harta juga diingatkan untuk tidak melupakan akhirat dan mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah mati.

Sebab, harta dianggap juga sebagai ujian yang mana akan menjadi dasar pertanggungjawaban kita di akhirat. Pada hakikatnya, manusia adalah khalifah (pemimpin) atas harta yang diberikan oleh Allah Swt.

Maka itu, pemilik harta harus menggunakan harta tersebut secara bijaksana, mematuhi aturan-aturan syariah, dan menghindari sifat serakah atau tamak.

Islam memberikan pedoman khusus tentang bagaimana umat muslim seharusnya memandang, memperoleh, mengelola, dan menggunakan harta lewat beberapa hadis Nabi Muhammad saw.

Berikut sembilan hadis tentang harta yang bisa dicermati secara saksama, Selasa (26/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Harta

Hadis tentang Harta (1)

"Harta yang paling dicintai oleh Allah dari harta-harta yang halal adalah harta yang datang dari usaha tangan yang jujur dan seorang pemberi akan mendapat tambahan pahala." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Harta (2)

"Harta yang paling baik adalah harta yang paling dimanfaatkan." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Harta (3)

"Apabila seseorang mempunyai keinginan untuk memberi maka hendaklah ia memberi harta harta yang paling baik." (HR. Al Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Harta

Hadis tentang Harta (4)

"Sedekah tidaklah mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambah hamba yang pemaaf, kecuali kemuliaan. Dan tidaklah seorang hamba yang bersikap lapang hati (teguh) melainkan Allah akan memberi kepadanya kemuliaan. Dan tidaklah seorang hamba yang menundukkan diri (merendahkan diri) karena Allah melainkan Allah akan membangkitkannya dalam kemuliaan." (HR. Muslim)

Hadis tentang Harta (5)

"Hartamu itu tidak sepenuhnya menjadi milikmu, melainkan kamu diwajibkan membelanjakannya (untuk keperluan yang benar-benar diperlukan)." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Harta (6)

"Harta yang paling banyak mendatangkan azab kepada pemiliknya adalah emas dan perak." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Harta

Hadis tentang Harta (7)

"Sesungguhnya harta yang paling berkah adalah harta yang paling sedikit." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Harta (8)

"Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk tubuhmu dan harta benda yang kamu miliki, tetapi Dia melihat hati dan amal perbuatanmu." (HR. Muslim)

Hadis tentang Harta (9)

"Belum pernah seorang hamba makan makanan yang lebih baik daripada hasil usaha tangannya sendiri. Sesungguhnya Nabi Daud a.s. makan dari hasil usaha tangannya sendiri." (HR. Tirmidzi)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer