Sukses


10 Tahun Sejak Kecelakaan Bermain Ski dan Sempat Koma, Apa Kabar Michael Schumacher? Sang Adik sampai Eks Bos Ferrari Angkat Bicara

Bola.com, Jakarta - Anda tentu masih ingat dengan sosok juara dunia Formula 1 (F1) tujuh kali, Michael Schumacher. Pada Desember 2013, Michael Schumacher mengalami cedera otak parah akibat kecelakaan ski.

Dia mengalami koma yang diinduksi secara medis hingga Juni 2014. Dia meninggalkan rumah sakit di Grenoble untuk rehabilitasi lebih lanjut di Rumah Sakit Universitas Lausanne, sebelum dipindahkan ke rumahnya untuk menerima perawatan medis dan rehabilitasi secara pribadi pada bulan September 2014.

Nah sejak saat itu sampai sekarang atau 10 tahun usai kejadian terjadi, kondisi sebenarnya Michael Schumacher tidak dipublikasikan oleh pihak keluarga. 

Artinya hanya keluarga dan teman-teman dekat yang mengetahui kondisi pembalap yang namanya tenar bersama Ferrari itu. 

Terbaru adik Michael Schumacher yang juga berstatus sebagai eks pembalap F1, Ralf Schumacher angkat bicara soal kondisi sang kakak. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kondisi Michael Schumacher Sudah Berbeda

Mengutip situs Motorsport, Ralf Schumacher hanya bilang merasa rindu dengan sosok Michael Schumacher yang dahulu. Ralf turut mengindikasikan kondisi sang kakak sudah berbeda.

"Saya rindu Michael di masa lalu. Hidup tak adil dari waktu ke waktu. Michael sangat beruntung sepanjang hidupnya. Tapi kemudian, ada kecelakaan tragis," kata Ralf saat diwawancara media Jerman, Bild.

"Untungnya, ilmu kedokteran yang makin maju, membuka banyak peluang. Tapi, keadaannya tidak seperti dulu lagi."

"Ini pengalaman signifikan untuk saya, tapi juga lebih bagi anak-anaknya. Hidup tampak tak adil saat itu. Takdir ini mengubah keluarga kami," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Komentar Jead Todt

Sebelunnya eks bos Ferrari Jean Todt turut berkomentar soal kondisi terkini Michael Schumacher dan punya pernyataan sama seperti Ralf Schumacher.

"Michael ada di sini, jadi saya tidak merindukan dia. Tapi dia bukan seperti Michael yang dulu," kata Todt saat diwawancara L'Equipe. 

"Dia berbeda dan dibimbing dengan luar biasa oleh istri dan anak-anaknya yang melindunginya," tambahnya. 

Mengutip tulisan beberapa media internasional, diyakini kini berat badan seorang Michael Schumacher sudah menurun drastis. 

Yang masih jadi teka teki apakah sang pembalap bisa berinteraksi dengan orang lain atau masih dalam kondisi koma dan selama ini terbantu alat-alat bantuan medis. 

 

 

Video Populer

Foto Populer