Sukses


Bacaan Doa Keluar Rumah dan Manfaat Melafalkannya

Bola.com, Jakarta - Penting bagi umat Islam untuk memahami doa keluar rumah beserta manfaatnya. Doa ini termasuk rangkaian doa sehari-hari yang seharusnya menjadi amalan rutin.

Melafalkan doa ketika keluar rumah bertujuan agar Allah Swt. selalu melindungi kita dari berbagai bahaya dan godaan yang mungkin muncul di luar rumah.

Dari perlindungan terhadap berbagai potensi bahaya hingga mendatangkan rahmat dan kemudahan dalam perjalanan, doa ini dianggap sebagai tindakan yang penting dalam meningkatkan kesadaran spiritual dan keselamatan bagi umat Muslim.

Selain memberikan perlindungan, doa keluar rumah juga memiliki keutamaan yang dapat memberikan manfaat bagi mereka yang melafalkannya secara rutin.

Namun, bagaimana bacaan doa keluar rumah dan apa manfaatnya bagi umat Islam?

Berikut bacaan doa keluar rumah dan manfaat melafalkannya, disadur dari Dream, Kamis (28/12/2023).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Manfaat Melafalkannya

Doa Keluar Rumah Agar Terhindar dari Perampokan

Kejahatan bisa terjadi dan menimpa siapa saja dan dimana saja. Satu di antaranya kejahatan berupa perampokan.

Tingkat kriminalitas makin tinggi, baik di pedesaan maupun perkotaan. Kasus perampokan marak terjadi. Inilah mengapa kita perlu melakukan kiat-kiat untuk menghindarinya.

Selain berusaha menghindari perampokan, kaum muslim juga dianjurkan untuk bertawakal dengan cara berdoa kepada Allah Swt. Berikut bacaan doa keluar rumah agar terhindar dari perampokan:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a’uzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Manfaat Melafalkannya

Doa Keluar Rumah Agar Dijaga Malaikat

Malaikat akan menjaga manusia yang memohon perlindungan kepada Allah Swt., termasuk dengan membaca doa keluar rumah. Doa keluar rumah dibaca agar seseorang dijauhkan dari marabahaya dan godaan setan.

Berikut bacaan doa keluar rumah agar dijaga malaikat yang bisa kamu amalkan setiap hari:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

4 dari 5 halaman

Manfaat Membaca Doa Keluar Rumah

Manfaat Doa Keluar Rumah

Berikut manfaat mengamalkan doa keluar rumah yang penting diketahui kaum muslim:

1. Diberikan Kecukupan

Manfaat doa keluar rumah yang selanjutnya adalah dicukupkan rezekinya oleh Allah Swt. Selain itu juga dicukupkan hajatnya baik di dunia maupun akhirat.

2. Dijaga Malaikat

Manfaat doa keluar rumah satu di antaranya adalah dijaga malaikat. Allah pun senantiasa melindungi dari berbagai marabahaya dan godaan setan selama beraktivitas.

Hal ini sebagaimana disampaikan Rasulullah saw. dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Daud dan Tirmidzi. Dikisahkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw. bersabda:

"Apabila seseorang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa, 'Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, dicukupkan kebutuhanmu, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?"

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Keluar Rumah dan Manfaat Melafalkannya

 3. Terlindungi dari Setan

Gangguan setan selalu mengikuti manusia ke mana pun perginya. Maka, kita perlu memohon perlindungan dari Allah agar terbebas dari godaannya. Satu di antara caranya adalah membetengi diri dengan doa saat keluar rumah.

Demikian itulah bacaan doa keluar rumah dan manfaatnya agar dijaga malaikat yang perlu diketahui kaum muslim.

Selain membaca doa, berzikir selama di perjalanan juga sangat dianjurkan. Memperbanyak zikir dan doa akan menambah pahala dan melindungi diri dari godaan setan.

4. Mendapatkan Petunjuk dari Allah

Manfaat membaca doa keluar rumah ialah Allah akan memberikan petunjuk ke jalan yang benar kepada setiap pembacanya.

Doa keluar rumah adalah wujud seseorang yang memohon perlindungan kepada Allah Swt. Orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah Swt. maka tak akan ada pihak yang akan membuatmu tersesat. 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 30/8/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer