Sukses


7 Contoh Hidup Sehat agar Tidak Mudah Sakit yang Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga tubuh tetap sehat bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Kesehatan menjadi satu di antara hal paling berharga yang dimiliki oleh setiap individu.

Di tengah kesibukan yang sering memaksa untuk mengesampingkan perhatian terhadap kesehatan, kita kerap lupa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kesehatan yang prima bukan hanya tentang fisik, tetapi juga menggabungkan aspek mental dan emosional. Di sinilah pentingnya menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga keseimbangan ini.

Ada beberapa contoh hidup sehat yang dapat diadopsi dalam rutinitas sehari-hari, dari pola makan yang seimbang, rutinitas olahraga teratur, manajemen stres yang efektif, hingga menjaga pola tidur yang baik.

Pemahaman mendalam tentang berbagai cara menjaga kesehatan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Berikut tujuh contoh hidup sehat agar tidak mudah sakit, yang bisa diterapkan, disadur dari Merdeka, Kamis (4/1/2024).

2 dari 5 halaman

Contoh Hidup Sehat agar Tidak Mudah Sakit

1. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga teratur merupakan satu di antara kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan secara benar dapat menguatkan otot dan tulang, melancarkan peredaran darah, menambah energi, menyehatkan fisik dan mental, serta membakar kalori.

Kamu dapat melakukan olahraga selama 150 menit per minggu agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, dengan rajin berolahraga, berat badan idealmu juga tentu akan tetap terjaga.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Contoh hidup sehat berikutnya, yaitu menjaga kualitas tidur. Setelah penat beraktivitas seharian, tidur adalah hal yang penting untuk dilakukan. Tidur akan membuat tubuhmu beristirahat serta membuat pikiran lebih tenang.

Pastikan kamu tidur 7-9 jam per hari dan hindari begadang. Jika kamu memiliki masalah tidur, kamu dianjurkan untuk mandi air hangat sebelum tidur.

3 dari 5 halaman

Contoh Hidup Sehat agar Tidak Mudah Sakit

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Mengendalikan tekanan darah merupakan satu di antara contoh hidup sehat. Tekanan darah yang terjaga akan membantu tubuh mencegah kerusakan pada dinding arteri.

Selain itu, usahakan untuk selalu mengecek tekanan darah, gula darah, serta kolesterolmu. Kamu dapat melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan berkonsultasi pada dokter.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Stres merupakan suatu kondisi yang dapat melemahkan kekebalan tubuh. Untuk memperoleh hidup yang sehat, kamu disarankan untuk menjaga suasana hati serta mengelola stres dengan baik.

Mengelola stres memang tidak mudah, akan tetapi kamu dapat melakukan beberapa kegiatan untuk menurunkan stres.

Beberapa kegiatan tersebut yaitu meditasi, yoga, rekreasi, ataupun bersantai bersama keluarga.

4 dari 5 halaman

Contoh Hidup Sehat agar Tidak Mudah Sakit

5. Menghindari Kebiasaan Merokok

Menghindari kebiasaan merokok adalah hal yang harus dilakukan jika ingin hidup sehat.

Hal ini karena saat kamu merokok, racun akan masuk ke tubuh dan menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti gangguan paru-paru, reproduksi, hingga memicu kanker.

6. Menghindari Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat memberikan efek-efek buruk bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat merusak sel dendritik tubuh (komponen yang cukup penting dalam sistem kekebalan tubuh).

Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terserang penyakit hati, ginjal, dan beragam jenis kanker.

5 dari 5 halaman

Contoh Hidup Sehat agar Tidak Mudah Sakit

7. Mengonsumsi Makanan Sehat

Contoh hidup sehat yang terakhir, yaitu mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. 

Kamu dapat mengonsumsi makanan-makanan sumber protein, seperti telur, daging, kacang-kacangan serta ikan. Ikan mengandung vitamin, mineral dan asam omega yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kamu juga dapat mengonsumsi yoghurt, susu, dan keju sebagai sumber protein dan kalsium guna menjaga kesehatan tulang.

Usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, lemak, serta garam. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran agar terhindar dari penyakit jantung, stroke, serta kanker.

 

Disadur dari: Merdeka.com

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer