Sukses


Contoh Teks MC Pengajian yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Bola.com, Jakarta - Memandang pentingnya peran seorang MC dalam sebuah acara, baik formal maupun informal, menjadi faktor krusial dalam kelancaran dan kesuksesan.

Seorang MC bertindak sebagai fasilitator antara pengisi acara dan para hadirin, memberikan pengarahan, serta mengatur alur acara sehingga dapat dinikmati oleh seluruh peserta.

Pentingnya penyampaian yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti oleh audiens membuat peran seorang MC dalam sebuah pengajian menjadi signifikan.

Terutama dalam menyampaikan teks pengajian, kejelasan dan kemudahan dalam memahami isi teks menjadi faktor kunci yang akan menghubungkan pesan yang ingin disampaikan oleh para pengisi acara kepada para hadirin.

Contoh teks MC pengajian bisa diambil dari berbagai format acara, baik yang formal maupun informal. Penting bagi MC untuk memahami sepenuhnya susunan acara pengajian yang dipimpinnya.

Berikut contoh teks MC pengajian yang singkat dan mudah dimengerti, disadur dari Liputan6, Kamis (4/1/2024).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pengajian yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Contoh MC Pengajian Formal

Contoh MC pegajian bisa memudahkan kamu dalam memandu sebuah acara. Contoh MC Pengajian formal bisa menjadi referensi yang pertama. Berikut contoh MC pengajian formal:

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat ustaz Muhammad Halim, ketua majlis taklim, panitia pengurus masjid, dan para hadirin yang saya hormati.

Sebagai umat muslim, marilah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang memberikan limpahan ramhat dan hidayah-Nya sehingga pada sore hari ini kita diizinkan untuk berkumpul dalam acara pengajian akbar tanpa adanya halangan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai bekal kehidupan di dunia dan juga di akhirat nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Saya selaku pembawa acara, izinkan untuk membacakan susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini, sebagai berikut:

a. Pembukaan

b. Pembacaan surat Al-Baqarah oleh Nanda

c. Sambutan dari pemimpin pengajian yaitu bapak Aswar

d. Pengajian akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Halim

e. Doa

f. Demikian beberapa serangkaian acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara berikutnya, marilah kita membaca Basmalah bersama-sama.

 

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Acara kedua akan diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan akan dibacakan oleh saudara Nanda, kami persilakan. Terima kasih kepada saudara Nanda yang sudah membacakan ayat suci Al-Qur’an.

Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah untuk kita semua, terutama bagi yang membacakannya.

Sambutan dari Pimpinan Pengajian

Sebelum masuk ke acara inti, mari kita dengarkan sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian, kepada Bapak Aswar, kami persilakan.

Inti Acara

Kita akhirnya sampai di acara inti, ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustaz Muhammad Halim. Kepada Ustaz Halim yang kami hormati, kami persilakan.

Doa

Akhirnya kita sampai di pengujung acara, yaitu berdoa bersama dan akan dipimpin langsung oleh Ustaz Halim. Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara jika terdapat salah kata ataupun sikap yang tidak berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada Ustaz Halim untuk memimpin doa bersama, kami persilakan, dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian sore hari ini. Wassalamualaikum Wr.Wb

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pengajian yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Contoh MC Pengajian Informal

Contoh MC Pengajian informal juga bisa menjadi referensi bila kamu memandu acara yang tidak terlalu formal. Berikut contoh MC pengajian informal:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita nikmat, termasuk nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat menghadiri pengajian mingguan ini.

Selawat dan salam kita semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw., keluarganya, para sahabat, dan kita semua. Amin Ya Robbal'alamin.

Sebelum kita membuka pengajian ini, perkenankan saya sebagai MC untuk mebacakan susunan acara pengajian pada hari ini.

Pertama pembukaan, kedua acara inti yang akan diisi oleh Pak ustaz, dan yang ketiga adalah doia bersama yang dilanjutkan dengan penutup.

Marilah kita buka acara pengajian hari ini dengan membaca basmalah dan membaca doa bersama-sama.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin

Artinya:

"Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh."

 

Kini saatnya menginjak inti dari acara, yaitu acara keempat, ceramah oleh Ustaz Fulan. Kepada pak ustaz, kami persilakan.

Terima kasih pak ustaz, semoga yang disampaikan dapat kita pahami dan amalkan. Amin Ya Robbal'alamin.

Langsung saja, ke acara selanjutnya, yaitu Doa, yang dipimpin oleh Pak Ustaz. Silakan pak untuk memimpin doa penutup pengajian.

Amin Ya Robbal'alamin. Terima kasih pak ustaz.

Acara pengajian selesai. Mari kita tutup dengan membaca hamdalah bersama-sama.

 

Bacaan Doa Penutup Majelis Bahasa Arab:

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

 

Bacaan Doa Penutup Majelis Latin:

Subhânakallâhumma wa bihamdika asyhadu an-lâilâha illâ anta astaghfiruka wa atûbu ilaik

 

Arti Bacaan Doa Penutup Majelis:

"Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."

Terima kasih sekali lagi pak ustaz dan jemaah yang telah hadir. Saya mohon maaf bila ada salah kata selama memandu acara. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Pengajian yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Contoh MC Pengajian Lainnya 

Contoh MC Pengajian lainnya juga bisa menjadi referensi bila kamu memandu acara pengajian. Berikut contoh MC pengajian lainnya yang bisa dijadikan referensi:

 

- Pembukaan Acara Pengajian

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada saudara terhormat Bapak Muhammad Jaya,

Ketua pengurus masjid, para panitia dan hadirin yang kami hormati.

Sebelum mengawali acara pagi ini, mari panjatkan syukur sebesar-besarnya atas ke hadirat Allah Swt. Berkat-Nya, kita semua dapat menghadiri majlis taklim di pagi hari ini untuk memperoleh ilmu barokah dan bermanfaat. Semoga para hadirin yang berbahagia dan kita semua selalu diberikan kesehatan agar tidak ada halangan untuk mengejar ilmu-Nya.

Para hadirin yang dirahmati Allah,

Saya hadir sebagai pembawa acara sehingga izinkanlah untuk membaca rangkaian pengajian akbar pagi hari ini dengan tema "Takdir dan Nasib". Berikut susunan pengajian berdurasi dua jam, dimulai pukul 5-7 pagi:

  • Pembukaan acara pengajian.
  • Pelafalan ayat suci Al-Qur'an oleh ananda Yusmita.
  • Sambutan dari Bpk. Muhammad Jawa sebagai ketua pengurus masjid Al-Karomah.
  • Acara inti, yakni pengajian yang akan dibawakan oleh Ustaz Muhammad Bustomi mukarrom.
  • Pembacaan doa.

Demikian susunan acara pengajian di pagi yang cerah ini semoga berkah terlimpahkan. Untuk mengawali acara, mari kita semua yang hadir di majlis membaca basmallah terlebih dahulu bersama-sama.

- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Acara kedua, yakni diisi pembacaan ayat suci yang akan dibacakan oleh Ananda Yusmita Faraiza, anggota remaja masjid, tempat dan waktunya kami persilakan.

(Setelah pembacaan ayat suci) Terima kasih atas pembacaan ayat suci yang merdu dan mampu menangkan hadirin yang ada di sini, semoga berkah makin berlimpah untuk kita semua.

- Sambutan Ketua

Sebentar lagi kita akan memasuki inti acara yang paling ditunggu, tetapi sebelumnya mari kita dengar sambutan ketua pengurus masjid. Kepada Bapak Muhammad Jaya, kami persilakan.

- Inti Acara

Akhirnya sampai di acara inti yang paling ditunggu, yakni ceramah bertema Nasib dan Takdir yang disampaikan oleh Pak Ustaz Muhammad Bustomi, yang kami hormati. Silakan kepada beliau, kami persilakan.

- Penutup dan Doa

Kita sampai di pengujung acara setelah mendengarkan ceramah sekaligus doa yang bermanfaat dari Ustaz Bustomi.

Saya ucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya jika ada salah dan kurang yang kurang berkenan. Mari kita akhiri ceramah pagi ini dengan ucapan hamdalah bersama, semoga kita berkesempatan untuk bertemu lagi.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer