Sukses


Bacaan Doa sebelum Minum Obat Menurut Islam

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Doa menjadi cerminan pengabdian kepada Tuhan dalam setiap tindakan, termasuk saat mengonsumsi obat-obatan.

Doa saat akan meminum obat adalah bentuk manifestasi rasa syukur atas kesempatan untuk mendapatkan bantuan medis dalam menyembuhkan penyakit atau mengurangi ketaknyamanan yang dirasakan.

Doa ini juga mencerminkan keyakinan bahwa kesembuhan datang dari Tuhan dan bahwa proses pengobatan adalah bagian dari rencana-Nya.

Ketika kita berpikir secara positif, sakit yang kita alami bisa dianggap sebagai sebuah peringatan kecil bahwa tubuh memerlukan waktu untuk istirahat. Ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik.

Pada saat tubuh terasa tak sehat, seseorang cenderung mengonsumsi obat khususnya saat penyakitnya dianggap ringan. Obat merupakan usaha manusia dalam upaya kesembuhan dari penyakit yang dihadapinya.

Sakit dan penyakit merupakan bagian dari ujian dan hanya Allah Swt. yang dapat memberikan kesembuhan dari segala penyakit.

Berikut bacaan doa saat akan meminum obat, disadur dari Dream, Kamis (5/1/2024).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Meminum Obat

Bacaan Doa Minum Obat

Ketika kita sudah meyakini dan berprasangka baik, upayakan untuk memulai ikhtiar sembuh dari penyakit dengan membaca doa.

Ikhtiar ini bisa dilakukan dengan membaca doa sebelum minum obat agar Allah Swt. mengangkat penyakit di tubuh kita.

بِسْمِ اللهِ الشَّافِيْ، بِسْمِ اللهِ الْكَافِيْ، بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِيْ، بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْم.

Bismillaahisy-syaafi, bismillahilkaafi, bismillaahil mu’aafi, bismillaahil-ladzii laa-yadlurru ma’asmihii syai-un fil-ardli walaa fis-samaa-i wahuwas-samii‘ul ‘aliim. 

Arti Doa:

"Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan. Dengan nama Allah Tuhan yang mencukupkan. Dengan nama Allah Tuhan yang memaafkan. Dengan nama Allah yang tidak dapat dimudaratkan oleh segala sesuatu, baik di bumi maupun di langit dan ia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Meminum Obat

Doa Minta Kesembuhan dari Sakit

بِسمِ اللهِ تُرْبَةُ أرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا يُشْفَى بِهِ سَقِيمُنَا بإذْنِ رَبِّنَا

Bismillah, turbatu ardlina, biriqati ba'dlina yusyfa bihi saqimuna bi idzni rabbina.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, debu bumi kami, dengan air ludah sebagian dari kami, sembuhkanlah orang sakit kami dengan itu dan dengan izin Tuhan kami." 

Hadist tentang Sakit dan Obatnya

"Setiap penyakit ada obatnya. Oleh karenanya, jika obat tersebut digunakan, dengan izin Allah tentu penyakitnya akan sembuh." (HR. Ahmad dan Muslim)

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa saat Meminum Obat

Doa Mohon Kesembuhan

Apabila telah mendapat kesembuhan umat Islam dianjurkan untuk selalu bersyukur kepada Allah. Sebab hanya Allah yang bisa memberikan nikmat tersebut. Baca doa berikut ini sebagai bentuk rasa syukur.

اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

Inni massaniyadh dhurru wa anta arhamur roohimiin.

Artinya: "Sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 7/9/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer