Sukses


9 Hadis tentang Akhlak Mulia yang Bisa Dijadikan Pedoman

Bola.com, Jakarta - Akhlak mulia dalam Islam merupakan panduan etika dan moral yang diajarkan oleh agama Islam.

Akhlak mulia dalam Islam tidak hanya berkaitan dengan hubungan antara manusia dan Allah Swt., tetapi juga mencakup hubungan sosial dan moral antara sesama manusia.

Dengan mengamalkan akhlak mulia, seorang muslim diharapkan dapat menjadi teladan yang baik dan membawa kebaikan bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, dan umat manusia secara keseluruhan.

Bisa dibilang, akhlak mulia adalah bagian integral dari ajaran Islam yang mengatur cara hidup sehari-hari dan interaksi sosial umat muslim.

Ada banyak hadis yang membahas tentang akhlak mulia yang bisa dijadikan pedoman bagi umat muslim. Hal ini agar umat muslim bisa berproses menjadi manusia yang baik.

Berikut sembilan hadis tentang akhlak mulia, Jumat (5/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Akhlak Mulia

Hadis tentang Akhlak Mulia (1)

"Tidak ada sesuatu yang lebih berat daripada akhlak mulia yang disimpan di timbangan nanti. Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia akan sederajat dengan orang yang berpuasa dan menunaikan salat." (HR. At Tirmidzi)

Hadis tentang Akhlak Mulia (2)

"Orang yang masuk surga adalah orang yang bertakwa kepada Allah dan orang yang memiliki akhlak yang mulia." (HR. At Timidzi, Ibnu Majah)

Hadis tentang Akhlak Mulia (3)

"Sesungguhnya yang paling aku cintai dari kalian dan yang paling dengan denganku pada hari kiamat nanti adalah yang paling mulia akhlaknya." (HR. At Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Akhlak Mulia

Hadis tentang Akhlak Mulia (4)

"Kaum mukminin yang paling baik ialah yang paling baik akhlaknya." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Akhlak Mulia (5)

"Kebajikan adalah akhlak yang baik dan dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan dalam jiwamu dan kau tidak mau orang-orang mengetahuinya." (HR. At Tirmidzi)

Hadis tentang Akhlak Mulia (6)

"Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling mulia akhlaknya." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Akhlak Mulia

Hadis tentang Akhlak Mulia (7)

"Barang siapa diberikan kepadanya bagian dari kelembutan, berarti telah diberikan kepadanya bagian dari kebaikan, dan tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan (pada hari kiamat) daripada akhlak yang baik." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Akhlak Mulia (8)

"Orang yang paling saya cintai dan yang paling dekat denganku (kelak di akhirat) adalah orang yang paling baik akhlaknya. Dan orang yang paling saya benci dan paling jauh denganku (kelak di akhirat) adalah orang yang paling buruk akhlaknya. Yaitu mereka yang banyak berbicara dan suka mencemooh manusia dengan kata-katanya." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Akhlak Mulia (9)

"Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer