Sukses


8 Cara Mengelola Keuangan untuk Anak Kos

Bola.com, Jakarta - Saat seseorang merantau untuk bekerja atau menempuh pendidikan di kota-kota besar, penting bagi mereka dapat mengelola keuangan dengan baik.

Sebagian besar perantau tinggal di kos-kosan sehingga perlu belajar bagaimana cara mengatur keuangan dengan bijak agar bisa bertahan hidup.

Dengan bisa mengelola keuangan, anak kos akan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menyisihkan beberapa dana untuk tabungan atau investasi.

Mereka perlu menghitung berapa pengeluaran bulanan, seperti biaya kos, makanan, transportasi, pulsa, dan kebutuhan lainnya.

Mereka juga perlu mengontrol diri dalam hal pengeluaran, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga untuk hal-hal yang tidak penting.

Dengan disiplin, mereka bisa lebih fokus dalam mengalokasikan uang mereka untuk hal-hal yang lebih penting, serta bisa lebih mudah menabung untuk masa depan.

Berikut cara yang bisa dilakukan dalam mengelola keuangan untuk anak kos, bisa langsung dipraktikkan, Selasa (9/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengelola Keuangan untuk Anak Kos

1. Buatlah anggaran bulanan

Buat anggaran untuk kebutuhan pokok seperti sewa kos, makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Pastikan anggaran tersebut realistis dan sesuai pendapatan bulanan.

2. Simpan uang secara berkala

Sisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan, baik untuk dana darurat maupun dana masa depan. Menabung secara berkala membantu menghadapi kebutuhan tak terduga.

3. Hindari utang yang tidak perlu

Hindari utang konsumtif yang tidak perlu, seperti menggunakan kartu kredit untuk belanja yang tidak terpenuhi dengan pendapatan bulanan.

4. Manfaatkan diskon dan promo

Pemanfaatan diskon dan promo saat belanja kebutuhan sehari-hari dapat membantu menghemat pengeluaran.

3 dari 3 halaman

Cara Mengelola Keuangan untuk Anak Kos

 5. Prioritaskan kebutuhan daripada keinginan

Tentukan prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum membeli keinginan tertentu.

6. Cari penghasilan tambahan

Jika memungkinkan, cari penghasilan tambahan dari pekerjaan paruh waktu atau bisnis sampingan untuk menambah pendapatan bulanan.

7. Kelola pinjaman dengan bijak

Jika memang perlu meminjam uang, kelola pinjaman dengan bijak dan pastikan pembayaran cicilannya tertata dengan baik.

8. Edukasi diri tentang investasi

Pelajari tentang investasi dan cara mengelola keuangan untuk masa depan yang lebih stabil, seperti investasi properti atau reksa dana.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer